Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Indriyani, Yuni and Ningtias, Ika Wulandari Utami (2021) Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unila, 1 (1). ISSN 2716-053X

[img]
Preview
Text
P.PENGARUH MODEL PJBL BERPIKIR KREATIF_YUNI21072022.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://semnaspend.fkip.unila.ac.id/2019/08/14/pros...

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif dalam kelancaran peserta didik untuk mengemukakan gagasannya. Peserta didik belum aktif dalam mengajukan dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru terkait dengan materi. Peserta didik yang belum diarahkan dengan baik untuk belajar mandiri dalam mencari alternatif jawaban dari permasalahan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan model project based learning dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group. Pengambilan data melalui observasi dan tes yaitu berupa pretest dan posttest untuk mengambil data kemampuan berpikir kreatif siswa. Sampel yang digunakan yaitu kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning. Teknik pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, homogen, uji t, uji N-gain ternormalisasi, dan uji effect size. Hasil analisis data pada penelitian ini yaitu terdapat perbedaan posttest kemampuan berpikir kreatif antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan nilai signifikan 0,000 melalui uji t. Terdapat peningkatan kemampuan berpikir kreatif di kelas eksperimen 68% dan 10% di kelas control melalui uji N-gain, dan terdapat pengaruh model project based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sebesar 3,72 yang berkategori besar melalui uji effect size sehingga model project based learning memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah Dasar. Kata kunci: Berfikir Kreatif Siswa, Project Based learning

Item Type: Article
Subjects: DOCUMENT
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Aug 2022 02:39
Last Modified: 13 Aug 2022 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58399

Actions (login required)

View Item View Item