KAJIAN VOKALISASI DALAM KUMPULAN CERPEN MATA PENUH DARAH SEBAGAI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA

Herdiyana, Yudha, 165030077 (2022) KAJIAN VOKALISASI DALAM KUMPULAN CERPEN MATA PENUH DARAH SEBAGAI IMPLEMENTASI BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS XI SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. abstract.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. abstrak sunda.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. bab I.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. bab II.pdf

Download (238kB) | Preview
[img] Text
14. bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
15. bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)
[img] Text
16. bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
17 daftar pustaka.pdf

Download (149kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dan kaidah kebahasan kelas XI Sekolah Menengah Atas pada kumpulan cerita pendek dengan tuntutan kurikulum 2013. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan pemilihan bahan ajar yang bervariasi sesuai dengan pembelajaran teks cerpen di SMA dengan tuntutan kurikulum 2013. Pada KD 3.4 Menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek yang membanggakan serta memotivasi yang didengar maupun dibaca. Peserta didik dituntut mampu untuk memahami dan menelaah unsur-unsur pembangun cerita pendek. Hal ini, mengakibatkan tidak semua peserta didik mampu memperhatikan unsur pembangun cerita pendek dengan utuh dan jelas dalam cerita pendek. Dilihat dari segi kaidah kebahasaan peserta didik belum mampu menemukan kalimat yang termasuk dalam kaidah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan kualitatif yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan situasi, fenomena ataupun informasi yang berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat. Sumber penelitian yang dipakai yaitu sumber primer dan sekunder dengan menggunakan buku kumpulan cerita pendek Mata Penuh Darah dan pendapat para ahli yang berkaitan dengan penelitian. Prosedur pengumpulan data melalui pustaka, dokumentasi, dan analisis. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) dari 19 cerita pendek yang ada pada buku kumpulan cerita pendek menunjukan bahwa terdapat unsur vokal yang menggambarkan karakter tokoh. (2) hasil analisis kebahasaan cerita pendek pada buku kumpulan cerita pendek Mata Penuh Darah sudah sesuai dengan tuntutan kurikulum dan bahan ajar di kelas XI SMA, karena memuat KI, KD 3.4 yaitu menganalisis unsur-unsur pembangun cerita pendek dalam buku kumpulan cerita pendek. (3) Handout bahan ajar kaidah kebahasaan teks cerita pendek yang sudah dibuat peneliti dan dinilai oleh ahli guru bahasa Indonesia layak digunakan sebagai bahan ajar teks cerita pendek di kelas XI SMA. Kata kunci: Analisis, teks cerita pendek, bahan ajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 12 Aug 2022 08:49
Last Modified: 12 Aug 2022 08:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58388

Actions (login required)

View Item View Item