ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SELF ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD

Aam Kurnia, NPM : 188060017 (2022) ANALISIS PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN DAN SELF ESTEEM MATEMATIS SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS PORTAL RUMAH BELAJAR KEMENDIKBUD. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL_NPM_188060017_AAM KURNIA.docx

Download (534kB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman dan self esteem matematis siswa dengan populasi siswa SMP kelas VIII SMP Bina Mandiri Sukamanah Kab. Garut tahun ajaran 2020/2021 melalui pembelajaran e-learning portal rumah belajar. Secara purposif (purposive sampling) sampel tiga kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah metode campuran (mix method) tipe konvergen. Instrumen tes yang digunakan adalah pre-test dan post-test sedangkan untuk instrumen non tes adalah lembar observasi dan angket self esteem matematis. Data dianalisis menggunakan uji N-gain, uji Kruskal Wallis H dan uji ANOVA dua jalur. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan pembelajaran konvensional dilihat dari data keseluruhan; (2) peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang menggunakan e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model (PBL) dan pembelajaran konvensional ditinjau dari Kemampuan Awal Matematis (KAM); (3) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang menggunakan e-learning portal rumah belajar, model PBL dan pembelajaran konvensional dengan KAM (tinggi, sedang, rendah) terhadap peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa; (4) self esteem matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional dilihat dari keseluruhan; dan (5) self esteem matematis siswa yang menggunakan e-learning portal rumah belajar lebih baik daripada siswa yang menggunakan model PBL dan pembelajaran konvensional ditinjau dari KAM. Kata Kunci: Pemahaman Matematis, Self Esteem matematis, e-learning portal rumah belajar, dan Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 10 Aug 2022 06:21
Last Modified: 10 Aug 2022 06:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58339

Actions (login required)

View Item View Item