PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BANDUNG

Ai Nurhayati, NPM. 118612023 (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, UNPAS.

[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (36kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only until 2013.

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only until 2013.

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Ai Nurhayati. (2013). “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay – Two Stray Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri 1Kota Bandung”. Motivasi belajar yaitu suatu kekuatan dalam diri individu untuk bergerak ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari. Komunikasi dalam matematika merupakan kemampuan mendasar yang harus dimiliki siswa dan guru selama belajar, mengajar, dan mengevaluasi matematika. Model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray adalah suatu pembelajaran kooperatif yang memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagikan hasil dan informasi dengan kelompok lain. Ciri khas dari model pembelajaran ini adalah adanya pembagian tugas dalam kelompok, yaitu dua orang siswa yang berkemampuan sedang bertugas sebagai tamu untuk mencari informasi dari kelompok lain dan dua siswa lainnya yaitu siswa yang berkemampuan tinggi dan rendah tetap berada dalam kelompoknya untuk memberikan informasi kepada tamunya dari kelompok lain. Jika mereka telah selesai melaksanakan tugasnya, mereka kembali ke kelompoknya masing-masing. Setelah itu siswa yang bertugas menjadi tamu atau yang menerima tamu mendiskusikan dan membahas hasil kerja mereka. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan mengambil sampel siswa kelas VIIG dan VIIH di MTs Negeri 1 Kota Bandung. Dari hasil uji statistik terhadap skor gain yang diperoleh dari hasil pretes dan postes terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa didapatkan kesimpulan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang mempergunakan pembelajaran kooperatif tipe lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil uji perbedaan rata-rata disimpulkan terdapat perbedaan motivasi belajar siswa antara yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Two Stay – Two Stray dengan yang menggunakan pembelajaran konvensional. Kata kunci : Model pembelajaran kooperatif TSTS, motivasi belajar. ABSTRACT Ai Nurhayati (2013). “ The Implementation of Two Stay – Two Stray Cooperative Learning Model in Improving Students Learning Motivation and Mathematical Communication in Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Bandung“. Learning motivation is a force within an individual to move towards certain destination, conciously or not. Mathematical communication is a basic competene that both the teacher and students should have during teaching, learning and evaluating math. Two Stay – Two Stray is a kind of cooperative learning model that gives opportunities to certain groups to share the result and information to the other groups. The characteristics of this learning model is its task division : two average student act as guests who should find information from other groups and two students consisting of a highachiever and low achiever stay in the groups to give information to the guests from other groups. After the task hasbeen conducted, the students return to each group to share and discuss the information they have collected. This study employed experimental method with the students of VIIG and VIIH of MTsN 1 Bandung as the sample. From the statistical test to the gained score of the students math communication ability pretest and postest, it can be concluded that the students who learned with Two Stay – Two Stray cooperative learning method have better math communicative ability than those who learned with conventional learning. Meanwhile, from the average difference test, it can be inferred that there is a difference in students learning motivation between those who use Two Stay – Two Stray method with convencional learning. Keyword : Two Stay – Two Stray cooperative learning model, learning motivation, students math communication.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S2-Thesis
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2013
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 05 Mar 2016 03:10
Last Modified: 05 Mar 2016 03:10
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/58

Actions (login required)

View Item View Item