PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIS DUA TAHAP UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH SA-C-HMLRP (Capaitated Hierarchical Median Hub Location & Route Problem With Single Assignment)

Bakti Alpihuda, NPM. 188030013 (2022) PENGEMBANGAN MODEL MATEMATIS DUA TAHAP UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH SA-C-HMLRP (Capaitated Hierarchical Median Hub Location & Route Problem With Single Assignment). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Jurnal Tesis Bakti Alpihuda.docx

Download (224kB)

Abstract

Dalam penelitain ini mempelajari mengenai masalah penentuan lokasi hub dan masalah perutean. Permasalahan ini terkait erat dengan masalah lokasi hub hierarksi alokasi tunggal yang memilik level jaringan 3 tingkat serta permasalahan perutean kendaraan multidepot, yang dikenal sebagai masalah sulit dan kompleks. Struktur hirarkis jaringan hub tiga tingkat tersebut pada tingkat atas terdiri dari jaringan lengkap yang menghubungkan node central hub, tingkat kedua adalah jaringan bintang yang menghubungkan node hub yang tersisa ke central hub dan pada tingkat ketiga node permintaan dihubungkan ke node hub dan central hub. Untuk menyelesaikan permaslahan tersebut dilakukan dengan mengembangkan model matematis dua tahap untuk permasalahan Capacitated Hierarchical Median Hub Location & Route Problem with Single Assignment (SA-C-MHLRP). Tahap pertama (C-SAMHLP) bertujuan untuk menetukan lokasi central hub, alokasi sub hub ke central hub dan alokasi non hub ke hub dengan biaya paling minimal. Alokasi non hub ke hub yang diperoleh dari tahap pertama akan menjadi inputan model matematis tahap kedua (VRP) untuk menentukan lokal rute atau koneksi langsung yang bisa menghasilkan biaya transportasi minimal. Kedua model matematis tersebut adalah model matematsi Mix Integer Linier Programing (MILP). Studi komputasi untuk menguji model matematis yang dikembangkan berdasarkan set data jumlah titik node berukuran kecil dan sedang. Dalam studi komputasi yang dilakukan, diamati efek dari penentuan jumlah central hub dan diskon factor pada lokasi hub, lama waktu menjalankan model matematis pada software LINGO 18.0, jumlah node nun hub yang dialokasikan untuk tur local dan biaya transportasi secara keseluruhan Keywords: Hierarchical Median Hub Problem, Route Problem, Location and Route Problem, MILP, Metode Dua Tahap

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknik Industri 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:42
Last Modified: 25 Jul 2022 07:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57996

Actions (login required)

View Item View Item