IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Cecep Saepul Milah, NPM : 188060023 (2022) IMPLEMENTASI METODE DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
JURNAL_NPM_188060023_CECEP SAEPUL MILAH.docx

Download (119kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari pemecahan masalah matematik yang rendah, hal ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika ini terlihat dari nilai rata-rata siswa yang diperoleh masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM). Guru kurang bervariasi dalam menggunakan pendekatan pembelajaran matematika dan cenderung menggunakan pendekatan konvensional. Penelitian dilakukan di kelas VIII SMP Plus Nurul Hidayah Kabupaten Garut dengan banyak siswa 22 orang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode Discovery Learning. Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan (Plan), tindakan (action), observasi (observe) dan refleksi (reflect). Penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak tiga siklus. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Lembar observasi aktivitas guru dan siswa, Perangkat tes pemecahan masalah matemtatik, Lembar skala Kemandirian belajar. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Penggunaan metode Discovery Learning (1) dapat meningkatkan pemecaham masalah matematik siswa SMP; (2) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa SMP; (3) pemecahan masalah matematik siswa yang menggunakan Metode Discovery Learning lebih baik dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (4) Kemandirian siswa yang menggunakan Metode Discovery Learning siswa lebih percaya diri, inisiatif, tanggungjawab dan motivasi yang tinggi dalam belajar matematis, sedangkan yang menggunakan pembelajaran konvensional hanya percaya diri dan inisiatif saja; (5) Terdapat hubungan antara kemampuan pemecahan masalah matemtatik siswa dan kemandirian belajar. Kata kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Metode Discovery Learning, Pemecahan Masalah Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 16 Jul 2022 06:36
Last Modified: 16 Jul 2022 06:36
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57954

Actions (login required)

View Item View Item