NURHIDA, YULIA, 175050014 (2022) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (604kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (448kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan literasi matematis siswa, kemudian salah satu aspek afektif yakni disposisi matematis dipercaya dapat mensukseskan proses pembelajaran matematika. Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan dan memfasilitasi untuk meningkatkan kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: 1) Mendeskripsikan kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); 2) Mendeskripsikan disposisi matematis siswa sekolah menengah melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL); dan 3) Mendeskripsikan korelasi kemampuan literasi matematis dan disposisi matematis siswa sekolah menengah ditinjau dari beragam model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan (library research) dengan metode dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menghimpun literatur yang berkaitan dengan variabel penelitian sebanyak 21 artikel yang kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Kemampuan literasi matematis siswa sekolah menengah yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mengalami peningkatan dan pencapaian yang baik; 2) Disposisi matematis siswa sekolah menengah yang pembelajarannya melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) mendapatkan pencapaian yang baik dan menjadi lebih baik; dan 3) Terdapat korelasi ataupun hubungan yang positif antara disposisi matematis terhadap kemampuan literasi matematis pada siswa sekolah menengah yang ditinjau dari beragam model pembelajaran. Kata Kunci : Kemampuan Literasi Matematis, Disposisi Matematis, dan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2022 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Jun 2022 02:05 |
Last Modified: | 29 Jun 2022 02:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57858 |
Actions (login required)
View Item |