ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian kepustakaan dengan Metode Studi Literatur)

ALAM, RIDWAN NUR, 175060144 (2022) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian kepustakaan dengan Metode Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI RIDWAN.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
PENGESAHAN.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (407kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (282kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (257kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (289kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis (STAD) terhadap motivasi belajar peserta didik (penelitian kepustakaan dengan metode studi literatur). ditemukan bahwa motivasi siswa kelas III dalam proses pembelajaran IPA masih kurang, dimana saat guru menjelaskan pelajaran beberapa siswa tidak memperhatikan dan sibuk berbicara dengan teman sebangkunya, siswa sibuk menggambar, mata pelajaran IPA juga menjadi salah satu pelajaran yang dirasa sulit oleh siswa, yang di dalam kompetensinya mempelajari lingkungan, sistem kehidupan tumbuhan, hewan, dan manusia. Setelah permasalahan ini menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar ada peningkatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi literatur. Pendekatan kualitatif adalah penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis yang berasal dari lisan orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Peneliti memilih pendekatan ini karena penelitian ini membutuhkan penjelasan dan pemaparan secara terperinci sehingga peneliti memilih pendekatan ini untuk menunjang kegiatan penelitian agar sesuai. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena subjek yang diteliti adalah manusia yang memiliki sifat yang beragam, sehingga dengan menggunakan pendekatan kualitatif akan sesuai karena hasil penelitiannya dapat menjelaskan berbagai fenomena yang terjadi di dalam penelitian ini. Penelitian ini difokuskan pada pengaruh salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu tipe STAD dalam pembelajaran di kelas, dan pada akhirnya berhasil melatih sikap kerja sama siswa dalam mencapai tujuan belajar. Kata kunci: Motivasi Belajar, IPA, model pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division)

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 20 Jun 2022 03:32
Last Modified: 20 Jun 2022 03:32
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57769

Actions (login required)

View Item View Item