ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR

ILAHI, SRI KURNIA, 165060135 (2022) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP RASA PERCAYA DIRI DAN TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK DALAM BELAJAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (469kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Abstract.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Ringkesan.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img] Text
10.Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
11.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
12.Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
13.Daftar Pustaka.pdf

Download (181kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri dan tanggung jawab peserta didik dalam belajar dengan menggunakan model pembelajan inkuiri terbimbing. Penelitian ini melatarbelakangi karena adanya permasalahan mengenai adanya rasa percaya diri dan tanggung jawab peserta didik yang rendah sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar peseta didik. Rendahnya sikap percaya diri dapat dilihat dari peserta didik tidak berani mengemukakan pendapat, tidak berani bertanya, pada saat diberikan tugas oleh guru peserta didik tidak berani mengerjakan tugas di papan tulis. Sedangkan tanggung jawab peserta didik dapat dilihat dari peserta didik yang tidak mengerjakan piket harian, tidak mengumpulkan tugas tepat waktu, pada saat kerja kelompok terdapat beberapa peserta didik yang tidak mengerjakan sehingga peserta didik hanya mengandalkan temannya dan guru masih menggunakan metode ceramah, kurang melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, dan tidak menggunakan model pembelajaran yang bervariatif. Dalam pembuatan karya tulis ilmiah ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau library research. Penelitian ini dilakukan dengan menganalisis beberapa jurnal artikel, baik jurnal nasional maupun jurnal internasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan editing, organizing, dan finding. Dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terdapat peningkatan dan pengaruh yang sigifikan terhadap rasa percaya diri dan tanggung jawab. Melalui model pembelajaran ini peserta didik menjadi lebih aktif dan kreatif karna siswa dituntut untuk menemukan atau mencari jawaban dari suatu permasalahan yang telah diberikan oleh guru, sedangkan guru hanya membingbing siswa kearah yang tepat/benar. Peningkatan dan pengaruh terhadap rasa percaya diri dan tanggung jawab peserta didik dapat dilihat dari beberapa hasil penelitian terdahulu yang telah dianalisis. Kata Kunci : rasa percaya diri, tanggung jawab, inkuiri terbimbing

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 17 Jun 2022 08:02
Last Modified: 17 Jun 2022 08:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57758

Actions (login required)

View Item View Item