Febrianti, Sinta Bella, 175020043 (2022) PENGARUH REINFORCEMENT GURU DAN SELF EFFICACY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Survei pada siswa kelas XI IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
PRINT SKRIPSI SINBEL-halaman-1.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACK SINBEL.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (346kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (8kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) pengaruh reinforcement terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung. (ii) pengaruh self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung. (iii) pengaruh reinforcement dan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 82 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) adanya pengaruh reinforcement guru pada siswa kelas XI IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung sebesar 3,86 dengan kategori “baik”, (ii) adanya pengaruh self efficacy siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung 4,29 dengan kategori “sangat baik”, (iii) adanya pengaruh reinforcement guru dan self efficacy terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 0,764 atau 76,4% dan sisanya 23,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Sebagai akhir penelitian penulis menyampaikansran bagi: (i) bagi guru, diharapkan untuk selalu memperhatikan motivasi belajar siswa, sehingga guru sebagai pendidik dapat mengetahui seberapa penting motivasi belajar harus diberikan kepada peserta didiknya, (ii) bagi sekolah, diharapkan mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas dalam kegiatan pembelajaran, karena selain reinforcement guru dan self efficacy (faktor intrinsik) kegiatan pembelajaran (faktor ekstrinsik) juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa (iii) bagi peserta didik, diharapkan siswa dapat memperthanakan dan juga lebih memahami pentingya mempelajari mata pelajaran ekonomi bagi kehidupan sehari-hari, dan (iv) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mencari lebih banyak sumber informasi dan referensi lain mengenai reinforcement guru, self efficacy dan motivasi belajar, sehingga hasil penelitian bisa lebih baik lagi. Kata Kunci: reinforcement guru, self efficacy, motivasi belajar, mata pelajaran ekonomi.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Jun 2022 06:46 |
Last Modified: | 16 Jun 2022 06:46 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57757 |
Actions (login required)
View Item |