ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI SOSIAL MEDIA WHATSAPP GRUP (Penelitian Kuantitatif di SD Biruni Sungailiat Bangka)

Meylana, 175060003 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI SOSIAL MEDIA WHATSAPP GRUP (Penelitian Kuantitatif di SD Biruni Sungailiat Bangka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Pengesahan.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Ringkesan.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Bab I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Bab II.pdf

Download (180kB) | Preview
[img] Text
10.Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
11.Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] Text
12.Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
13.Daftar Pustaka.pdf

Download (78kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) Pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid 19 di kelas VI B SD Biruni Sungailiat, Bangka. (2) Hambatan yang terjadi dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemic Covid 19 di kelas VI SD Biruni Sungailiat Bangka (3) Solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid 19 di kelas VI SD Biruni Sungailiat Bangka. Penelitian ini dilakukan di SD Biruni Sungailiat Bangka pada bulan September 2021. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologi yang mendeskripsikan mengenai pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemic Covid 19. Data dari penelitian ini diperoleh melalui wawancara bersama Wali kkelas yang menjadi sumber utama dari penelitian ini, kemudian wawancara bersama 4 orang peserta didik kelas VI B SD Biruni Sungailiat Bangka, observasi berupa partisipasi pasif serta dikumen sebagai data pendukung dari hasil wawancara Hasil penelitian menunjukan bahwa guru telah memanfaatkan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam menunjang kegiatan pembelajaran dalam jaringan (Daring) dengan memanfaatkan berbagai fitur yang tersedia seperti fitur foto, video, dokumen dan video call. Kemudian dalam pelaksanaan pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran terdapat beberapa hambatan yaitu gangguan sinyal, memori HP full, kurang interaksi, sulit mengetahui keseriusan peserta didik dalam belajar, kurangnya motivasi belajar peserta didik, fasilitas pendukung belajar online, dan sulit memahami materi yang diberikan. Serta pada penelitian ini mendeskripsikan solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan yang terjadi dari pemanfaatan Whatsapp sebagai media pembelajaran dalam jaringan masa pandemi Covid 19. Dari hasil penelitian ini disarankan agar pendidik mampu membuat variasi pembelajaran terutama dengan menggunakan fitur yang ada pada Whatsapp, menguasai dan menggunakan TIK dalam proses pembelajaran dalam jaringan (Daring) Kata kunci : Whatsapp, Media Pembelajaran, Pembelajaran dalam jaringan

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 15 Jun 2022 08:40
Last Modified: 15 Jun 2022 08:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57756

Actions (login required)

View Item View Item