KAJIAN JENIS PETIKAN, CARA PENGOLAHAN DAN TEMPERATUR PENGERINGAN TERHADAP KUALITAS TEH DAUN BLACK MULBERRY (Morus nigra L)

Asep Rismunandar, NPM : 218050007 (2022) KAJIAN JENIS PETIKAN, CARA PENGOLAHAN DAN TEMPERATUR PENGERINGAN TERHADAP KUALITAS TEH DAUN BLACK MULBERRY (Morus nigra L). Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Asep Rismunandar.docx

Download (341kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kajian jenis petikan, cara pengolahan dan temperatur pengeringan pada pembuatan teh daun black mulberry sehingga didapatkan kualitas teh yang terbaik, serta menetapkan jenis petikan, cara pengolahan dan temperatur pengeringan teh daun black mulberry yang mempunyai kandungan kualitas teh yang terbaik. Kegunaan penelitan ini adalah untuk mengetahui jenis petikan, cara pengolahan dan temperatur pengeringan teh daun black mulberry sehingga dapat mengasilkan kualitas teh yang terbaik dan mengetahui interaksi jenis petikan, cara pengolahan dan temperatur pengeringan teh daun balck murberry sehingga mempunyai kualitas teh yang terbaik. Rancangan percobaan yang digunakan pada penelitian utama adalah Rancangan Petak - Petak Terbagi (RPPT) faktorial dengan tiga faktor dimana untuk faktor A terdiri dari tiga taraf, faktor B terdiri dari dua taraf dan faktor C terdiri tiga taraf, sehingga didapatkan delapan belas kombinasi perlakuan. Setiap perlakuan diulang sebanyak dua kali, sehingga diperoleh tigapuluh enam satuan percobaan. Faktor yang digunakan adalah Faktor A (Jenis Petikan) dimana jenis petikan ini dibagi menjadi tiga taraf yakni P+1, P+2 dan P+3. Faktor B (Cara Pengolahan) dimana cara pengolahan dibagi menjadi dua taraf yakni cara pengolahan oksidasi enzimatis dan tanpa kosidasi enzimatis. Faktor C (temperatur Pengeringan) dimana temperatur pengeringan dibagi menjadi tiga taraf yakni suhu 87°C, 90°C dan 93°C. Hasil penelitian pendahuluan (tahap 1) pada pembuatan teh daun black mulberry dengan cara oksidasi enzimatis yang terbaik adalah dengan waktu oksidasi enzimatis selama 100 menit. Hasil penelitian utama (tahap 2) menunjukan bahwa jenis petikan, cara pengolahan dan temperatur pengeringan berpengaruh terhadap respon kadar air, warna, aroma dan rasa. Sedangkan untuk respon kadar tanin tidak berpengaruh. Berdasarkan respon analisis kimia dan uji organoleptik maka hasil terbaik adalah dengan kombinasi (a1) P+1 (pucuk plus satu), (b1) cara pengolahan oksidasi enzimatis dengan (c3) temperatur pengeringan pada temperatur 93ºC, sample terpilih a1b1c3 memiliki kadar tanin sebesar 0,9136%, kadar kafein sebesar 0,3123% dan kadar flavonoid setara kuersetin sebesar 2797,44 mgQE/g ekstrak. Kata Kunci : Teh Daun Black Mulberry, Jenis Petikan, Cara Pengolahan, Temperatur pengeringan

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Teknologi Pangan 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 13 Jun 2022 03:14
Last Modified: 13 Jun 2022 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57735

Actions (login required)

View Item View Item