PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR ATAS PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT MELALUI MODEL E-FORM TANPA AGUNAN DIKAITKAN DENGAN PRINSIP KEHATI-HATIAN (PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLE)

Salmah Fawziah Azzahra, 181000257 (2022) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KREDITUR ATAS PEMBERIAN KREDIT USAHA RAKYAT MELALUI MODEL E-FORM TANPA AGUNAN DIKAITKAN DENGAN PRINSIP KEHATI-HATIAN (PRUDENTIAL BANKING PRINCIPLE). Skripsi(S1) thesis, FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img]
Preview
Text
A. COVER.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F. BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
G. BAB II.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text
H. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
I. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
J. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img]
Preview
Text
K. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

PT. Bank Rakyat Indonesia memiliki beberapa jenis kredit yang menjadi tiga (3) bagian, Mikro, Retail Menengah dan Pinjaman Program. Pemberian kredit jenis mikro pada Bank Rakyat Indonesia diantaranya Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Kupedes, Guna mempermudah Debitur dalam mengajukan pinjaman Debitur dapat mengajukan pinjaman secara online melalui website yang disediakan oleh PT. Bank Rakyat Indonesia (kur.bri.co.id), debitur dapat mengisi E-Form sebagai salah satu bentuk pemenuhan syarat pengajuan kredit tersebut. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi penulis yang kemudian diangkat menjadi permasalahan dalam skripsi ini, yaitu : Bagaimana ketentuan-ketentuan Prinsip Kehati-hatian (Prudential Banking Principle) menurut Hukum perbankan Indonesia, Bagaimana Akibat hukum dari pemberian Kredit Usaha Rakyat Melalui E-Form terhadap Kreditur dikaitkan dengan Prinsip Kehati-hatian (Prudential Banking Principle), Bagaimana Penyelesaian pemberian Kredit Usaha Rakyat Melalui E-Form terhadap Kreditur dikaitkan dengan Prinsip Kehati-hatian (Prudential Banking Principle). Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan metode pendekatan Yuridis Normatif, dimulai dengan analisa terhadap sumber hukum data sekunder, spesifikasi, penelitian dengan metode deskriptif analitis dan dianalisa dengan metode kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh penulis, bahwa Hukum Perbankan Indonesia tidak secara eksplisit memberikan penjelasan secara pasti mengenai prinsip kehati-hatian, bahwa akibat hukum bank kehilangan kemampuannya dalam menghasilkan laba yang optimum dan timbul kredit bermasalah atau kredit macet yang menentukan profitabilitas dan likuiditas perbankan, dalam hal penyelesaian pemberian Kredit Usaha Rakyat melalui e-form yang bermasalah dapat dilakukan secara damai, bantuan pihak ketiga, dan melalui saluran hukum. Kata Kunci : Perbankan, Kredit Usaha Rakyat, Prudential Banking Principle

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum 2022
Depositing User: Mr Hadiana -
Date Deposited: 28 May 2022 04:03
Last Modified: 28 May 2022 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57638

Actions (login required)

View Item View Item