ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR (Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung)

SARI ,YULIANA NOFITA, 175020048 (2022) ANALISIS EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DARING MELALUI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DASAR (Penelitian Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK Daarut Tauhiid Boarding School Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II LANDASAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB)
[img] Text
BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (522kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) Pembelajaran daring melalui learning management system pada mata pelajaran akuntansi dasar (ii) Efektivitas pembelajaran daring melalui learning management system pada mata pelajaran akuntansi dasar (iii) Kendala yang dialami dan solusi mengatasi permasalahan selama pembelajaran daring melalui learning management system pada mata pelajaran akuntansi dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada pembelajaran daring melalui learning managemnt system diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian. Efektivitas pembelajaran melalui learning managemnt system pada mata pelajaran akuntansi dasar dapat dikatakan efektif karena telah memenuhi indikator efektivitas pembelajaran diantaranya kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas siswa dalam pembelajaran baik serta hasil belajar siswa tuntas secara klasikal. Kendala yang dialami saat kegiatan belajar adalah kedisiplinan siswa berkurang dan waktu yang terbatas pada saat pembelajaran daring berlangsung sehingga keterbatasan dalam berkomunikasi. Solusi dalam mengatasi kendala tersebut adalah berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk meningkatkan motivasi siswa, memberikan kesempatan bertanya dan berkomunikasi diluar jam pelajaran. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni (i)bagi sekolah, diharapkan untuk lebih meningkatkan kualitas pembelajaran secara daring maupun luring (ii)bagi guru, diharapkan mampu meningkatkan keefektivitas dalam pembelajaran (iii)bagi siswa, diharapkan mampu meningkatkan motivasi dan semangat dalam belajar (iv)bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian serupa dengan faktor lain, ide, bahasa maupun sudut pandang yang berbeda. Kata Kunci : Efektivitas pembelajaran daring dan Learning Management System.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 27 May 2022 08:00
Last Modified: 27 May 2022 08:00
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57634

Actions (login required)

View Item View Item