PERAKITAN MESIN ROUTER CNC JENIS MOVING GANTRY AREA KERJA 1200 x 1200 (mm) MENGGUNAKAN STRUKTUR RANGKA ALUMUNIUM PROFIL DAN SISTEM PENGARAH LINEAR GUIDE AND RAIL

Hutama, Muhamad Alfiano (2021) PERAKITAN MESIN ROUTER CNC JENIS MOVING GANTRY AREA KERJA 1200 x 1200 (mm) MENGGUNAKAN STRUKTUR RANGKA ALUMUNIUM PROFIL DAN SISTEM PENGARAH LINEAR GUIDE AND RAIL. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Muhamad Alfiano_163030047_Teknik Mesin.pdf

Download (6MB) | Preview
Official URL: https://teknik.unpas.ac.id

Abstract

Pada penelitian sebelumnya, telah dibuat sebuah mesin router CNC jenis moving gantry di lingkungan Teknik Mesin Universitas Pasundan Bandung, dengan ukuran area kerja 600x400(mm) dan 950x800(mm) dirancang oleh (Yusuf Aminuloh) dan (Irfan Setiawan) [1] [2]. Rancangan ini memiliki keterbatasan dengan ukuran, sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dalam menghasilkan ukiran kayu dengan dimensi yang lebih besar. Dengan demikian akan dibuat mesin router CNC dengan memperluas area kerja. Pembuatan mesin ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan produksi yang ada di pasaran, serta meningkatkan produktivitas dengan harga mesin yang terjangkau. Mesin yang akan dibuat yaitu mesin router CNC jenis moving gantry area kerja 1200x1200(mm) menggunakan rangka alumunium profil dan sistem pengarah linear guide and rail. Tujuan skripsi ini adalah membuat tahapan agar mempermudah proses perakitan mesin router CNC, sehingga hasil perakitan mesin sesuai dengan yang diharapkan, harga lebih terjangkau dibandingkan dengan pasaran, serta hasil pengujian gerak mesin router CNC pada masing – masing sumbu dapat berfungsi dengan baik. Skripsi ini mempermudah proses perakitan mesin router CNC dengan tahapan yang telah dibuat dan hasil pengujian gerak mesin router CNC bahwa mekanisme mesin router CNC pada sumbu X, Y, Z dapat berfungsi dengan baik, sehingga tidak terjadi kesalahan pada mekanisme mesin router CNC. Kata kunci: mesin router CNC, perakitan, pengujian gerak, mekanisme mesin router CNC.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2021
Depositing User: Irwan Kustiawan Kosasih
Date Deposited: 20 May 2022 02:48
Last Modified: 20 May 2022 02:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57557

Actions (login required)

View Item View Item