PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP MINAT BELI PRODUK VIVA COSMETICS (Studi pada Mahasiswi Administrasi Bisnis 2017, FISIP Universitas Pasundan Bandung)

Fira Fikriyah, 172040042 (2022) PENGARUH BRAND IMAGE (CITRA MEREK) TERHADAP MINAT BELI PRODUK VIVA COSMETICS (Studi pada Mahasiswi Administrasi Bisnis 2017, FISIP Universitas Pasundan Bandung). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (455kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Viva Cosmetics merupakan salah satu brand kosmetik tertua di Indonesia yang sudah ada sejak tahun 1962. Viva Cosmetics didirikan oleh seorang ahli farmasi yang bernama Dr. Tio Tiongho, dan berada dibawah naungan PT. Vitapharm. Produk-produk perawatan dan kecantikan Viva Cosmetics diklaim sesuai untuk kulit wanita di daerah tropis, khususnya Indonesia. Sudah lebih dari 58 tahun dan masih eksis hingga saat ini membuat Viva Cosmetics meraih beberapa penghargaan, salah satu parameter apakah suatu merek tersebut dikenal baik oleh masyarakat adalah dengan mendapatkan predikat/penghargaan Top Brand Award. Pada tahun 2020 Viva Cosmetics berhasil mendapatkan penghargaan tersebut dengan 3 kategori yaitu lipstick, pelembab wajah, dan bedak padat. Namun brand Viva Cosmetics berada pada diurutan paling bawah dibandingkan dengan brand lain yang menjadi pesaingnya. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana tanggapan konsumen mengenai brand image Viva Cosmetics khususnya kaum milenial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Brand Image (citra merek) terhadap Minat Beli produk Viva Cosmetics pada mahasiswi Jurusan Administrasi 2017, FISIP Universitas Pasundan Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pada penelitian ini terdapat dua variabel yaitu, variabel independen (Brand Image) dan variabel dependen (Minat Beli). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswi aktif Jurusan Administrasi Bisnis tahun 2017 sebanyak 80 orang. Sampel dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan rumus Isacc dan Michael dengan diperoleh sampel sebanyak 66 mahasiswi. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner online dengan bantuan Google Form. Pengambilan keputusan uji hipotesis menggunakan bantuan program SPSS. Teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis korelasi, analisis koefisien determinasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil yang diperoleh melalui perhitungan t hitung sebesar 6,600. Dengan mengambil taraf signifikasi α = 0,05 (5%) dan derajat kebebasan dk = n – 2, yaitu dk = 66 – 2 = 64, sehingga diperoleh nilai ttabel = 1,671 karena nilai thitung >ttabel, (6,668>1,671) maka H0 ditolak dan H1 diterima, dan itu artinya brand image memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen pada produk Viva Cosmetics. Besarnya sumbangan citra merek terhadap minat beli diketahui nilai r2 sebesar 0,410, sehingga besarnya kontribusi variabel brand image terhadap variabel minat beli adalah sebesar 41,0 %. sisanya, sebesar 59,0 % variabel minat beli diberikan oleh faktor-faktor lain yang tidak masuk dalam variabel penelitian. Kata kunci : Citra Merek, Minat Beli

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 11 May 2022 06:31
Last Modified: 11 May 2022 06:31
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57202

Actions (login required)

View Item View Item