PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI BERBASIS MOBILE LEARNING DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK

Esa Suri Ratnasuminar, NPM : 198060022 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TRIGONOMETRI BERBASIS MOBILE LEARNING DENGAN MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ARTIKEL_TESISMPM_Esa Suri R_198060022.pdf.docx

Download (96kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan bahan ajar materi Trigonometri Berbasis Mobile Learning dengan model pembelajaran Creative Problem Solving yang layak digunakan untuk pembelajaran; (2) Menganalisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Mobile Learning dengan Model Creative Problem Solving; (3) Menganalisis kemandirian belajar siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Mobile Learning dengan Model Creative Problem Solving; (4) Menganalisis adanya hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar. Metode yang digunakan adalah Reaserch & Development dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa kelas X AK 1 di SMK Yadika Soreang. Intrumen dalam penelitian ini menggunakan wawancara, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa, tes kemampuan berpikir kreatif matematis, dan angket kemandirian belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Bahan ajar pada materi trigonometri termasuk kategori sangat layak dari ahli materi, sangat layak dari ahli media, dan sangat kuat untuk hasil analisis respon siswa; (2) Kemampuan berpikir kreatif matematis termasuk dalam kategori sedang setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (3) kemandirian belajar siswa termasuk dalam kategori baik setelah menggunakan bahan ajar yang dikembangkan; (4) Terdapat hubungan antara kemampuan berpikir kreatif matematis dan kemandirian belajar siswa. Kata kunci: Bahan Ajar, Creative Problem Solving, kemampuan berpikir kreati matematis, kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 27 Apr 2022 09:13
Last Modified: 27 Apr 2022 09:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57083

Actions (login required)

View Item View Item