Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis dan Penanaman Nilai Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Zoom dan Moodle

Tresnawati, NPM : 198060008 (2022) Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Matematis dan Penanaman Nilai Karakter Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) melalui Pembelajaran Matematika Realistik Berbantuan Aplikasi Zoom dan Moodle. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Tresnawati.docx

Download (249kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan berpikir logis matematis dan pentingnya penanaman nilai karakter siswa terutama pada saat pembelajaran online merupakan permasalahan yang menuntut guru untuk mencari pendekatan pembelajaran dan aplikasi yang tepat untuk menjembatani proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedded desain dengan jenis embedded experimental model dengan desain penelitian berbentuk pretes-postes control grup design, bertujuan untuk melakukan study yang berfokus pada implementasi pembelajaran matematika realistik dan aplikasi zoom dan moodle yang diduga dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis matematis dan penanaman nilai karakter. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 8 SMP Karakter, kelas eksperimen mendapatkan model pembelajaran pembelajaran realistik berbantuan aplikasi zoom dan moodle kelas kontrol mendapatkan model pembelajaran biasa berbantuan aplikasi zoom dan moodle. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan berpikir logis matematis, angket karakter tanggung jawab dan pantang menyerah, lembar observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) peningkatan kemampuan berpikir logis matematis siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik dengan berbantuan aplikasi zoom dan moodle lebih baik dibanding siswa yang memperoleh pembelajaran biasa berbantuan aplikasi zoom dan moodle, 2) tidak terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara model pembelajaran dan gender terhadap peningkatan kemampuan berpikir logis matematis, 3) Tidak terdapat perbedaan karakter antara siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik berbantuan aplikasi zoom dan moodle dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa berbantuan aplikasi zoom dan moodle 4) Pembelajaran matematika realistik berbantuan aplikasi zoom dan moodle efektif dalam menanamkan nilai karakter tanggung jawab dan pantang menyerah siswa Kata Kunci: RME, Karakter, Berpikir Logis Matematis

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 26 Apr 2022 07:48
Last Modified: 26 Apr 2022 07:48
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/57057

Actions (login required)

View Item View Item