Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Aplikasi Flip Pdf Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Salman Al Farisi Bandung

Acep Medi Utama, NPM : 198060001 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Android Aplikasi Flip Pdf Pada Materi Aritmatika Sosial Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VII Di SMP Salman Al Farisi Bandung. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
ACEP_198060001_ Jurnal PJME_Fix.docx

Download (460kB)

Abstract

Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan bahan ajar e-book berbasis android aplikasi Flip PDF, (2) Menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP, (3) Menganalisis kemandirian belajar siswa SMP, (4) Menganalisis korelasi antara berpikir kritis dengan kemandirian belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dengan model pengembangan oleh Allesi & Trollip. Uji coba produk terdiri uji alpa dilakukan oleh 9 ahli materi dan 6 ahli media, serta uji beta 1 kepada 12 orang siswa kelas IX, dan uji beta 2 kepada 119 siswa kelas VII SMP Salman Al Farisi Bandung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket ahli materi, angket ahli media, angket respon siswa dan soal test. Produk penelitian ini barupa bahan ajar e-book. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa ; (1) Kualitas bahan ajar dilihat dari aspek kelayakan termasuk kategori sangat layak dari uji alpha, baik dari ahli materi dengan rata-rata 4,35 dan ahli media 4,4, sedangkan uji beta dengan kategori sangat layak baik dari beta 1 dengan rata-rata 4,3 dan beta 2 rata-rata; (2) Bahan yang dihasilkan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dilihat dari nilai gain sebesar 0,6 kategori sedang; (3) Menunjukkan sikap kemandirian belajar yang positif, dan; (4) Terdapat korelasi antara kemampuan berpikir kritis dengan kemandirian belajar. Kata Kunci : Android aplikasi Flip PDF, berpikir kritis kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 11 Apr 2022 04:03
Last Modified: 11 Apr 2022 04:03
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56670

Actions (login required)

View Item View Item