ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MCDONALD’S VERSI RUMAH UNTUK BERBAGI MOMEN TERBAIK DI YOUTUBE

Rizkya Syawallia Barnas, 172050183 (2022) ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MCDONALD’S VERSI RUMAH UNTUK BERBAGI MOMEN TERBAIK DI YOUTUBE. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (448kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Kata Pengantar.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (439kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “ANALISIS SEMIOTIKA IKLAN MCDONALD‟S VERSI RUMAH UNTUK BERBAGI MOMEN TERBAIK DI YOUTUBE” iklan ini memiliki makna dan tanda yang dapat diartikan sebagai wujud toleransi terhadap sesama manusia Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui makna penanda (signifier) dan petanda (signified) yang terdapat pada iklan “McDonald‟s Versi Rumah untuk Berbagi Momen Terbaik di Youtube” selain itu, untuk mengetahui makna pesan yang terkandung di dalam iklan tersebut melalui tampilan adegan dan juga penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana konstruksi realita sosial yang dibangun melalui iklan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan teori semiotika Ferdinand de Saussure dan mengacu pada teori pendukung konstruksi realita sosial dari Peter L. Berger dan Thomas Luckman. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa studi pustaka, observasi, dan melakukan wawancara mendalam dengan informan di bidangnya. Terdapat 3 (tiga) tahap teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis teks, analisis pemrosesan, dan analisis sosial. Hasil dari penelitian ini dalam iklan “McDonald‟s Versi Rumah untuk Berbagi Momen Terbaik di Youtube”, memiliki penanda dan petanda dalam setiap adegannya. Banyak pula ditemui kaitan dengan realitas dalam kehidupan di masyarakat, sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami oleh masyarakat. Makna tersirat dalam iklan “McDonald‟s Versi Rumah untuk Berbagi Momen Terbaik di Youtube” ini adalah bagaimana McDonald‟s ingin menerima segala kebiasaan masyarakat di Indonesia yang memiliki berbagai perbedaan dalam berkegiatan atau berkebiasaan sehingga di McDonald‟s masyarakat sendiri dapat dengan bebas melakukan apapun dan tetap diterima dengan baik. Tidak ada batasan tertentu dalam bersosialisasi dan berlaku layaknya individu yang patut ditrima setiap perbedaannya. Keadaan seseorang pun akan mempengaruhi kebiasaan orang itu sendiri. Salah satu konsep ini menekankan pada masyarakat untuk lebih memanusiakan manusia yang terlahir dengan latar belakang dan pola pikir yang berbeda

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 02 Apr 2022 04:04
Last Modified: 02 Apr 2022 04:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56592

Actions (login required)

View Item View Item