PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA NEGERI 15 Bandung Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2019/2020)

KARTINI, WIDIYANTI, PRAMUDITHA, DINDA, 165020075 (2022) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN EKONOMI (Studi Kasus Survey pada Peserta Didik Kelas XI IPS di SMA NEGERI 15 Bandung Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II PEMBAHASAN.pdf

Download (223kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah : (i) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandung. (ii) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandung. (iii) Untuk mengetahui apakah terdapat minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 15 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey, dengan sampel berjumlah 68 siswa/i yang terdiri dari kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3. Untuk mencari pengaruh, analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian dari setiap variabel sebagai berikut : (i) saya mengabaikan pembelajaran jika materi yang disampaikan tidak menarik. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukan bahwa skor rata-rata yaitu 4,19 dengan presentase 84% ada pada katergori Sangat Setuju. (ii) pertama kali saya melihat pelajaran ekonomi, saya percaya pelajaran ini akan memeberikan pengetahuan baru dan manfaat bagi saya. Hal ini berdasarkan hasil olah data yang menunjukan bahwa skor rata-rata yaitu 4,19 dengan presentase 84% ada pada kategori 84% Sangat Setuju. (iii) hasil regresi linear sederhana minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,053 sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X1 terhadap variabel Y adalah pengaruh positif. Hasil regresi linear sederhana motivasi belajar terhadap hasil belajar sebesar 0,007 sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X2 terhadap Y adalah pengaruh positif. Sebagai akhir dari penelitian ini, penulis memberikan saran kepada siswa/i untuk meningkatkan minat belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sesuai kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik agar menciptakan potensi generasi yang lebih baik. Kata Kunci : Minat Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2020
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:10
Last Modified: 21 Mar 2022 07:12
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56411

Actions (login required)

View Item View Item