Pengembangan Bahan Ajar Materi Kekongrunenan dan Kesebangunan Berbasis E-Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterlibatan Siswa SMP Salman Al Farisi

Nela Rachmalia, NPM : 208060016 (2022) Pengembangan Bahan Ajar Materi Kekongrunenan dan Kesebangunan Berbasis E-Learning Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Keterlibatan Siswa SMP Salman Al Farisi. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
Artikel Nela Rachmalia.docx

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan: (1) menghasilkan bahan ajar berbasis e-learning pada materi Kesebangunan dan Kekongruenan bagi siswa kelas IX, (2) menganalisis efektivitas bahan ajar berbasis e-learning yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah, (3) menganalisis keterlibatan siswa, (4) menganalisis korelasi antara kemampuan pemecahan masalah dan keterlibatan siswa. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX sejumlah 101 orang siswa SMP Salman Al Farisi Bandung. Penelitian ini menggunakan pengembangan research and development yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Teknik pengumpulan data berupa: (1) Lembar Validasi, (2) Angket, (3) Instrumen tes kemampuan pemecahan masalah, (4) Lembar Observasi, (5) Wawancara, dan (6) Catatan lapangan. Hasil penelitian ini yaitu: (1) menghasilkan bahan ajar berbasis e-learning pada materi kesebangunan dan kekongruenan yang berbentuk flip book ini dapat diunduh pada gawai berbasis android yang digunakan sebagai sumber belajar pembelajaran matematika, (2) bahan ajar berbasis e-learning ini efektif bagi peserta didik kelas IX yang berorientasi pada kemampuan pemecahan masalah dengan nilai effect size sebesar 5.7, (3) keterlibatan siswa yang menggunakan bahan ajar berbasis e-learning ini tergolong baik, (4) terdapat korelasi sedang antara kemampuan pemecahan masalah dengan keterlibatan siswa dengan menggunakan bahan ajar berbasis e-learning. Kata kunci: ADDIE model, bahan ajar, e-learning, flip book, kemampuan pemecahan masalah, keterlibatan siswa.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Matematika 2022
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 17 Mar 2022 07:29
Last Modified: 17 Mar 2022 07:29
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56302

Actions (login required)

View Item View Item