EVALUASI KEBIJAKAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) DI KOTABANDUNG

AI SUNINGRAT, 172010087 (2022) EVALUASI KEBIJAKAN LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR!) DI KOTABANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelayanan publik sering menjadi isu strategi karena selalu menjadi arena interaksi antara pemerintah dan warganya. Masyarakat rela membayar pajak dan memberikan mandat kepada pemerintah guna melayani kebutuhan barang dan jasa dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat. Sistem tata pemerintahan di Indonesia berlandaskan pada prinsip good governance yaitu agar terlaksananya penyelenggaraan pemerintah yang efektif, efisien, akuntabel, transparan dan bertanggung jawab. Kota Bandung sendiri sudah menerapkan sistem e-government salah satunya yaitu adanya laman Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!) sebagai wadah pengaduan serta penyaluran aspirasi yang berbasis e-government. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode literature review atau tinjauan pustaka dengan menggunakan pendekatan kualitatif (meta-sintesis). Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yaitu mencari sumber data, strategi searching, dan pengumpulan dan ekstraksi artikel. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi kebijakan menurut Riant Nugroho yang terdiri dari lima tepat yaitu tepat kebijakan, tepat pelaksana, tepat target, tepat lingkungan, dan tepat proses. Hasil penelitian dari keseluruhan yaitu bahwa program LAPOR! diterima dengan baik oleh masyarakat dan mendapatkan tanggapan yang positif bagi masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi LAPOR! karena keefektifannya, namun juga masih banyak masyarakat yang belum mengerti cara menggunakan aplikasi LAPOR! ini karena kurangnya sosialisasi dari pemerintah. Kata Kunci : E-Government, Pelayanan Publik, LAPOR!

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Negara 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 14 Mar 2022 02:44
Last Modified: 14 Mar 2022 02:44
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56192

Actions (login required)

View Item View Item