REPRESENTASI IKLAN GOJEK DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Iklan Gojek versi " Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan" di Youtube)

Yusni Shabrina Rahmahayuni, 172050184 (2022) REPRESENTASI IKLAN GOJEK DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Iklan Gojek versi " Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan" di Youtube). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
DAFTAR ISI yusni shabrina.docx

Download (23kB)
[img]
Preview
Text
KATA PENGANTAR YUSNI SHABRINA.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA YUSNI SHABRINA.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER YUSNI SHABRINA PDF.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN YUSNI SHABRINA PDF.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SKRIPSI YUSNI SHABRINA.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I YUSNI SHABRINA.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II YUSNI SHABRINA.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “REPRESENTASI IKLAN GOJEK DI YOUTUBE (Analisis Semiotika Iklan Gojek versi "Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan" di Youtube)”. Iklan ini memiliki makna dan tanda-tanda yang dapat dimaknai sebagai wujud pelayanan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang terdapat pada iklan Gojek versi "Lagu Persembahan Untuk Para Cendikiawan” di youtube. Selain untuk mengetahui makna pesan yang terkandung dalam Denotasi, Konotasi, dan Mitos yang ditampilkan, pada penelitian ini juga ditujukan untuk mengetahui bagaimana Konvergensi Simbolis yang coba disampaikan melalui iklan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan teori yang digunakan adalah teori semiotika Roland Barthes. Untuk menganalisis makna-makna yang terdapat dalam setiap adegan pada iklan ini. Dengan mengacu pada teori pendukung Konvergensi Simbolis Ernest Borman dan Robert Bales. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data berupa observasi, studi kepustakaan dan wawancara mendalam. Tehnik analisis data pada penelitian kualitatif ini dilakukan beberapa tahap yaitu analisis teks, analisis pemrosesan dan analisis sosial. Hasil dari penelitian ini, penulis menemui bahwa dalam iklan Gojek versi "Lagu Persembahan Untuk Para Cerdikiawan” ini memiliki makna Denotasi, Konotasi, dan Mitos dalam setiap adegannya. Juga banyak kaitan dengan realitas yang terjadi di kehidupan masyarakat. Sehingga pesan yang ingin disampaikan dapat dipahami oleh masyarakat, baik makna tersirat dalam iklan tersebut adalah bahwa PT Gojek ingin membuat kita tetap produktif dan berusaha meraih mimpi kita dimasa pandemi seperti sekarang, dengan kerja keras dan kegigihan akan meraih apa yang kita inginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 10 Mar 2022 01:55
Last Modified: 10 Mar 2022 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56114

Actions (login required)

View Item View Item