PERANCANGAN KONSTRUKSI MESIN ROUTER NC JENIS MOVING GANTRY DENGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR RANGKA ALUMUNIUM PROFILE DAN PENGARAH JENIS LINEAR GUIDE

Niszar, Darmawan (2022) PERANCANGAN KONSTRUKSI MESIN ROUTER NC JENIS MOVING GANTRY DENGAN MENGGUNAKAN STRUKTUR RANGKA ALUMUNIUM PROFILE DAN PENGARAH JENIS LINEAR GUIDE. Skripsi(S1) thesis, Fakultas Teknik Unpas.

[img]
Preview
Text
Niszar Darmawan_153030030_Teknik Mesin.pdf

Download (316kB) | Preview
Official URL: http:/www.teknik.unpas.ac.id

Abstract

ABSTRAK Pada bidang industri kerajinan kayu banyak pengrajin yang masih membuat ukiran kayu secara manual. Produktivitas rendah dan kualitas ukiran yang dihasilkan tergantung dari keahlian operator merupakan keterbatasan ukiran kayu yang dikerjakan secara manual. Masalah tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara, menggunakan mesin dalam memproduksi ukiran kayu salah satunya. Mesin router adalah salah satu mesin yang dapat digunakan untuk proses pembuatan ukiran kayu. Mesin router adalah mesin yang digunakan untuk membuat ukiran kayu pada bidang permukaan datar dimana mekanisme perputaran pahat dilakukan oleh sebuah sistem penggerak berupa motor listrik. Di pasaran ada dua jenis mesin router, yaitu mesin router otomatis dan mesin router konvensional. Perbedaan mesin router konvensional dan mesin router otomatis yaitu terletak pada cara mengendalikan gerakan pahatnya. Pada mesin router konvensional gerakan pahat dikendalikan oleh manusia. Pada mesin router non konvensional gerakan pahatnya dikendalikan oleh program. Pada saat ini, permasalahan harga mesin router otomatis yang relatif mahal di pasaran menyebabkan pengrajin kayu masih menggunakan cara manual. Dengan menggunakan mesin konvensional atau pengerjaan secara manual, kualitas maupun kuantitas hasil pengerjaan ukiran tersebut masih sangat rendah. Timbul gagasan untuk mengatasi permasalahan yang dialami oleh para pengrajin kayu yaitu merancang mesin router otomatis dengan harga yang relatif terjangkau dengan harapan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas pada industri kerajinan kayu. Jenis mesin router yang dirancang adalah jenis moving gantry dengan menggunakan struktur rangka aluminium profile dan pengarah jenis linear guide and rail.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin 2022
Depositing User: Ms sri -
Date Deposited: 08 Mar 2022 07:55
Last Modified: 08 Mar 2022 07:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/56065

Actions (login required)

View Item View Item