PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERFOKUS PADA UNSUR FISIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARCS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA

RAHMADIANTI, RIZNA HAFIZAH, 175030068 (2022) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BERFOKUS PADA UNSUR FISIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL ARCS BAGI PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRACT.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. RINGKESAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB I.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB II.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
8. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] Text
9. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img] Text
10. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img]
Preview
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui kemampuan peneliti dalam merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis puisi menggunakan model ARCS pada peserta didik kelas X SMA; mengetahui kemampuan peserta didik kelas X SMA dalam menulis puisi sebelum dan sesudah menggunakan model ARCS; serta mengetahui keefektifan model ARCS yang digunakan dalam pembelajaran menulis puisi pada peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis, khususnya dalam materi menulis puisi memperhatikan unsur pembangunnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu eksperimen dengan desain quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya telaah Pustaka, observasi, dan tes. Sedangkan, hasil penelitian yaitu: pertama, kemampuan peneliti dalam merencanakan pembelajaran memeroleh nilai 3,98 dengan kategori sangat baik, dan kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran memeroleh nilai 4 dengan kategori sangat baik. Kedua, kemampuan peserta didik dalam pembelajaran menulis puisi berfokus pada unsur fisik pada kelas eksperimen dengan rata-rata hasil prates sebesar 47,5, meningkat pada rata-rata hasil pascates 85. Berdasarkan uji wilcoxon membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, maka Ha2 diterima. Ketiga, keefektifan model arcs dalam pembelajaran menulis puisi berfokus pada unsur fisik memeroleh peningkatan pada kelas eksperimen sebesar 49 dan pada kelas kontrol sebesar 33. Berdasarkan uji mann whitney membuktikan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) sebesar 0,020 lebih kecil dari 0,05, maka diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa pembelajaran menulis puisi berfokus pada unsur fisik dengan menggunakan model arcs bagi peserta didik kelas X SMA berhasil. Kata Konci: Pembelajaran Menulis Puisi, Unsur Fisik Puisi, Model ARCS

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Feb 2022 01:55
Last Modified: 22 Feb 2022 01:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55813

Actions (login required)

View Item View Item