KAJIAN SEMIOTIKA PIERCE TERHADAP UNSUR DIKSI YANG BERINDIKASIN RELIGIUS PADA KUMPULAN PUISI DUKA MU ABADI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMK

Kartika Hadi, Didi Turmudzi, Panca Pertiwi, 123456 (2022) KAJIAN SEMIOTIKA PIERCE TERHADAP UNSUR DIKSI YANG BERINDIKASIN RELIGIUS PADA KUMPULAN PUISI DUKA MU ABADI KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DAN PEMANFAATANNYA SEBAGAI BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA SMK. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ARTIKEL_KARTIKA HADI MPBSI - Copy.docx

Download (24kB)

Abstract

Ada tiga tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini. (1) Untuk dapat mengetahui diksi yang mengandung religius yang ada dalam kumpulan puisi Duka Mu Abadi karya Sapardi Djoko Damono ditinjau dari kajian semiotika Pierce. (2) Untuk mengetahui diksi yang mengandung nilai religius dalam kumpulan puisi Duka Mu Abadi. (3) Mengetahui dapat tidaknya hasil penelitian dijadikan bahan pembelajaran apresiasi sastra di SMK berdasarkan kurikulum 2013. Bentuk penelitian deskriptip kualitatif dengan strategi studi kasus. Sumber data penelitian adalah informan siswa-siswa SMKN 1 Subang dan dokumen. Teknik pengumpulan data adalah (1) membaca puisi yang akan dikaji secara cermat (2) mencatat data yang sesuai (3) mengidentifikasi dan mengklasifikasi data (4) membuat tabulasi data (4) diskusi penelitian. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Pencatatan Data, Pengidentifikasian Data, Pengklasifikasian Data, Penafsiran Data dan Penyimpulan Data. Penelitian ini menghasilkan tiga hal. (1) Unsur diksi yang berindikasi religius pada kumpulan puisi Duka Mu Abadi Karya Sapardi Djoko Damono menggunakan pendekatan semiotika. Pendekatan semiotik bertolak dari asumsi bahwa karya sastra memiliki suatu sistem sendiri, yang memiliki dunianya sendiri yang mengandung potensi komunikatif dengan dorongan kreatif dan subjektif. (2) Jenis makna konotasi dalam puisi Duka Mu Abadi menggunakan menggunakan kata-kata yang bermakna konotatif atau kias. Penggunaan kata konotatif ini dimaksudkan untuk mengungkapkan maksud penyair, yaitu memberikan kesan yang lebih indah dan kuat. (3) Hasil kajian semiotik dimanfaatkan dalam bentuk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai alternatif bahan ajar apresiasi sastra di Sekolah Menengah Kejuruan. LKPD ini dibuat untuk bahan ajar di kalangan siswa SMK kelas X dengan menggunakan instrumen-instrumen yang relevan.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 21 Feb 2022 09:13
Last Modified: 21 Feb 2022 09:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55794

Actions (login required)

View Item View Item