PERSEPSI MENGENAI METODE PEMBAYARAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG

Nida Khairunnisa, 172050030 (2022) PERSEPSI MENGENAI METODE PEMBAYARAN E-WALLET SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 3 bahasa.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERSEPSI MENGENAI METODE PEMBAYARAN E￾WALLET SHOPEEPAY PADA MASYARAKAT KOTA BANDUNG” . ShopeePay merupakan salah satu metode pembayaran yang disediakan oleh e-commerce Shopee dan digunakan oleh pengguna aplikasi Shopee. ShopeePay adalah e-wallet atau dompet digital yang ada dan disediakan oleh marketplace Shopee untuk memudahkan penggunanya, terutama pada kalangan milenial dan generasi z yang sudah melek teknologi digital. Fitur yang disediakan oleh ShopeePay diantaranya transfer dana, pembayaran, tarik dana, dan fitur lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui persepsi masyarakat Kota Bandung terkait sensasi, atensi, dan interpretasi pada pengguna ShopeePay. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teori Persepsi dari Kennet K.Sereno dan Edward M. Bodaken yang dikutip dalam buku Deddy Mulyana. Pada teori persepsi ini ada tiga aktivitas yaitu sensasi, atensi dan interpretasi. Menurut Kennet K. Sereno dan Edward M. Bodaken, persepsi terdiri dari tiga aktivitas yaitu seleksi yang sebenarnya mencakup sensasi dan atensi, dan organisasi mencakup intepretasi. Hasil dari penelitian ini adalah, persepsi masyarakat Kota Bandung terkait salah satu metode pembayaran yang ada pada e-commerce Shopee yaitu ShopeePay. ShopeePay tidak hanya dilakukan untuk metode pembayaran pada saat belanja online di Shopee saja, tetapi juga dapat digunakan untuk transaksi keperluan lain sebagai dompet digital. ShopeePay menajadi salah satu gaya hidup baru dikalangan masyarakat pengguna Shopee, karena dapat mempermudah aktivitas transaksi pembelian maupun pembayaran pada masyarakat pengguna Shopee serta lebih mendapat keuntungan karena ada penawaran menarik khusus pengguna ShopeePay, dimana penawaran tersebut menjadi sebuah benefit bagi masyarakat pengguna Shopee. Saran yang ingin disampaikan peneliti untuk masyarakat para pengguna ShopeePay yaitu diharapkan dapat memanfaatkan dompet digital ini dengan sebaik-baiknya. Kata Kunci: Persepsi, Masyarakat, E-Wallet, Shopee, ShopeePay

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2017
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:21
Last Modified: 21 Feb 2022 02:21
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55770

Actions (login required)

View Item View Item