ANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI BERORIENTASI PADA KREDIBILITAS DAN PERNYATAAN AJAKAN DALAM VIDEO PROPAGANDA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR KELAS VIII SMP

Fauziah, Towifah, 175030030 (2022) ANALISIS STRUKTUR TEKS PERSUASI BERORIENTASI PADA KREDIBILITAS DAN PERNYATAAN AJAKAN DALAM VIDEO PROPAGANDA SEBAGAI ALTERNATIF PEMILIHAN BAHAN AJAR KELAS VIII SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Teks persuasi merupakan salah satu jenis teks yang ada di dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP. Penelitian ini akan menganalisis tentang struktur berorientasi pada kredibilitas dan pernyataan ajakan dalam persuasi yang ada dalam video youtube. Kemudian setelah proses analisis dilakukan maka data dari hasil analisis tersebut akan dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar bahasa Indonesia di kelas VIII. Berdasarkan hal tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan suatu penelitian dengan judul berikut “Analisis Struktur Teks Persuasi Berorientasi Pada Kredibilitas dan Pernyataan dalam Video Propaganda sebagai Alternatif Pemilihan Bahan Ajar di Kelas VIII SMP” yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis ketepatan struktur berorientasi pada kredibilitas dan pernyataan ajakan dan kesesuaian hasil analisis struktur berorientasi pada kredibilitas dan pernyataan ajakan dalam video propaganda dengan bahan ajar dan tuntutan Kurikulum. Setelah modul bahan ajarnya dibuat kemudian dilakukan validasi guna menentukan layak atau tidak layaknya digunakan sebagai bahan ajar. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang meliputi observasi, dokumentasi, dan simak-catat. Hasil analisis penulis pada struktur teks persuasi berorientasi pada kredibilitas dan pernyataan ajakan dalam video propaganda diperoleh hasil struktur pengenalan isu memperoleh persentase 100%, struktur rangkaian argumen memperoleh persentase 100%, struktur pernyataan ajakan memperoleh persentase 100%, dan struktur penegasan kembali memperoleh persentase 80%. Berdasarkan hasil tersebut, maka teks persuasi yang ada di video propaganda layak untuk dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar, karena di dalamnya sudah memmuat KI, KD, materi/isi, bahasa, dan perkembangan psikologis. Hasil tersebut diperoleh dari validator yang memberi penilaian rata- rata 80 dari kedua validator, maka bahan ajar tersebut mendapatkan kriteria baik/layak untuk dijadikan sebagai alternatif pemilihan bahan ajar bahasa Indonesia kelas VIII. Kata Kunci: Analisis, teks persuasi, video propaganda, bahan ajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:19
Last Modified: 07 Feb 2022 07:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55620

Actions (login required)

View Item View Item