PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS BIOGRAFI SECARA TULISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 16 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021

AZIZ, RISKHA ANNISA, 175030038 (2022) PEMBELAJARAN MENCERITAKAN KEMBALI TEKS BIOGRAFI SECARA TULISAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPLICIT INSTRUCTION PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 16 BANDUNG TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Salah satu bagian dari pelajaran Bahasa Indonesia yang menggunakan keterampilan menulis ada dalam Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 terdapat materi pembelajaran teks biografi. Namun, kenyataanya pada pembelajaran mengenai materi menceritakan kembali isi teks biografi secara tulis masih kurang diminati oleh peserta didik. Dalam mengoptimalkan keterampilan menulis teks biografi, peneliti memilih metode pembelajaran Explicit Instruction. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan peneliti dalam melaksanakan pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tertulis dengan menggunakan metode explicit instruction pada peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung, mengetahui kemampuan peserta didik X SMAN 16 Bandung menceritakan kembali teks biografi secara tertulis dengan menggunakan metode explicit instruction. untuk mengetahui keefektifan penggunaan metode explicit instruction dalam pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tertulis pada peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung, menguji perbedaan hasil belajar peserta didik kelas X antara kelas kontrol dan kelas ekssperimen dalam pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tertulis dengan menggunakan metode explicit instruction pada peserta didik kelas X SMAN 16 Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,4 berkategori baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,3 berkategori baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretest 53,4 > 40,6. Hasil nilai rata-rata pada post-test kelas eksperimen yaitu 88,25 sedangkan kelas kontrol sebesar 71,05. Metode explicit instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tulisan. Hal ini dibuktikan pada mann-whitney asymp sig (2-tailed) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa Metode explicit instruction efektif digunakan pada pembelajaran menceritakan kembali teks biografi secara tulisan. Kata Kunci : Cerita, Teks Biografi, Tulisan, Explicit Instruction

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:13
Last Modified: 07 Feb 2022 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55617

Actions (login required)

View Item View Item