PENGARUH KESIAPAN MENGIKUTI ULANGAN HARIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2021–2022)

Sitoresmi, Sri Endang, 175020036 (2022) PENGARUH KESIAPAN MENGIKUTI ULANGAN HARIAN TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA PASUNDAN 7 BANDUNG (Survei Pada Peserta Didik Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2021–2022). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (6kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (439kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (546kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (i) Kesiapan peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung saat akan mengikuti ulangan harian (ii) Hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung (iii) Pengaruh kesiapan mengikuti ulangan harian terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung. Metode penelitian yang digunakan yaitu survei dengan jumlah populasi 97. Analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linear sederhana melalui perhitungan rata-rata dengan bantuan SPSS. Adapun hasil dari penelitian tersebut yaitu (i) Kesiapan mengikuti ulangan harian peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung termasuk ke dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 4,06 (81,30%) (ii) Hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung termasuk ke dalam predikat cukup baik dengan nilai rata-rata 75,36 (iii) Hasil dari regresi linear sederhana menunjukan terdapat pengaruh kesiapan mengikuti ulangan harian terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung, dengan nilai R square sebesar 0.315. Berdasarkan hal tersebut dapat ditafsirkan bahwa kesiapan mengikuti ulangan harian memberikan pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPS SMA Pasundan 7 Bandung sebesar 31,5% dengan kategori rendah. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yaitu: (i) Bagi guru hendaknya berupaya untuk mengingatkan mengenai pentingnya kesiapan mengikuti ulangan harian, misalnya dengan memberikan himbauan kepada peserta didik agar selalu menjaga kondisi fisik, kondisi emosional, kondisi mental, sarana prasarana, motivasi dan pengetahuan dengan baik. (ii) Bagi peserta didik diharapkan dapat meningkatkan kondisi kesiapan mental, kondisi kesiapan emosional, psikis dan pengetahuan, agar hasil belajar yang diraih lebih maksimal lagi. Kata Kunci: Kesiapan mengikuti ulangan harian, hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2022
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Feb 2022 04:15
Last Modified: 04 Feb 2022 04:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55469

Actions (login required)

View Item View Item