PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN TENJOLAYA 01 (Penelitian Kualitatif Deskriptif terhadap Orang Tua Siswa SDN Tenjolaya 01)

NURHAYATI, 175060147 (2022) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID-19 DI SDN TENJOLAYA 01 (Penelitian Kualitatif Deskriptif terhadap Orang Tua Siswa SDN Tenjolaya 01). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. Abstrak.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB 1.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB 2.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text
6. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (207kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas tentang peran orang tua dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19 di SDN Tenjolaya 1. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui peran orang tua dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Adapun pokok-pokok permasalahan alam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana pendapat orang tua terhadap efektivitas pembelajaran dalam daring yang dilakukan selama pandemi covid-19, (2) Bagaimana peran orang tua dalam membantu peserta didik belajar dalam daring selama pandemi covid-19,(3) Bagaimana peran orang tua menurut persfektif guru pada proses pembelajaran daring yang dilakukan selama pandemi covid-19. Jenis penelitian inimenggunkan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu, wawancara, observasi, dan angket. Teknik analisis data adalah skala likert, reduksi data, penyajian data, verifikasi, menarik kesimpulan dan triangulasi. Sumber data dari penelitian ini yaitu 2 responden yaitu orang tua dan guru, hasil penelitian diperoleh orang tua menyatakan pembelajaran yang dilaksanakan secara daring berlangsung kurang efektif, orang tua yang lainnya menyatakan bahwa pembelajaran daring cukup baik sedangkan orang tua yang lainnya menyatakan bahwa pembelajaran daring merupakan solusi yang bagus namun dalam pelaksanaannya belum maksimal. Orang tua berperan dan mempengaruhi keefektifitasan anak. Peran orang tua dalam menyediakan fasilitas belajar secara daring bagi anak selama pandemi covid-19 ini menunjukkan bahwa orang tua sudah sangat bagus dalam memenuhi fasilitas yang dibutuhkan. Peran ke ikut sertaan orang tua dalam membantu dan mendampingi kegiatan belajar anak secara daring menunjukkan bahwa orang tua sudah berusaha untuk dapat meluangkan waktu agar bisa membantu dan mendampingi kegiatan belajar anak secara langsung. Peran orang tua menurut perspektif guru pada proses pembelajaran daring, orang tua harus lebih berperan lagi terutama untuk kelas rendah. Dengan adanya proses belajar mengajar online, banyak orang tua yang merasa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan karena dalam kondisi seperti ini orang tua menjadi sumber materi utama bagi anak-anak. Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 03 Feb 2022 05:49
Last Modified: 03 Feb 2022 05:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55461

Actions (login required)

View Item View Item