MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

PRATIWI, FANY FITRIAN, 175060111 (2022) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK B.INDO_B.INGGRIS_B.SUNDA.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (101kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar pada peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini didasari oleh temuan pada saat observasi ternyata memiliki kendala dalam sistem pembelajarannya. Pertama terlihat bahwa kurangnya kemampuan peserta didik didalam kelas karena pendidik hanya mengajar satu arah saja (teacher center), kedua kurang tepatnya penggunaan model pembelajaran pada saat pembelajaran berlangsung, dan ketiga kurang minatnya peserta didik dalam belajar. Metode penelitian yang digunakan pada model Teams Games Tournament ini metode kualitatif dengan menggunakan studi Pustaka (Studi Literature). Data yang dikumpulkan bersumber dari data primer dan data sekunder. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data terdiri dari editing, organizing dan finding. Dari hasil analisis oleh beberapa penelitian ditemukan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament berpusat pada peserta didik sehingga membuat peserta didik menjadi aktif. Penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament dapat meningkatkan kemampuan pada peserta didik. Hal ini terlihat pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik mampu menganalisis, mempelajari serta menarik kesimpulan terhadap persoalan yang diberikan. Model pembelajaran Teams Games Tournament merupakan pembelajaran yang membuat peserta didik menjadi lebih aktif dengan menggunakan permainan didalam pembelajarannya. Hasil dari penelitian bahwa hanya diperoleh data sebelum menerapkan model pembelajaran TGT senilai 70%, sedangkan setelah diterapkannya model pembelajaran TGT mengalami peningkatan senilai 89%. Berdasarkan hasil analisis diatas disimpilkan bahwasannya setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini memberikan pengaruh peningkatan pada nilai peserta didik, memberikan dampak yang baik pada sistem pembelajaran didalam kelas, , serta melatih peserta didik untuk belajar sendiri dengan kemampuan peserta didik yang berbeda-beda didalam kelompoknya. Dengan penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament ini diharapkan pihak sekolah lebih mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan ketika akan melakukan pembelajaran ini serta lebih memfasilitasi sarana maupun prasarana nya untuk mendukung terlaksananya penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci: Teams Games Tournament, meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mrs Nikita -
Date Deposited: 03 Feb 2022 05:42
Last Modified: 03 Feb 2022 05:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/55459

Actions (login required)

View Item View Item