ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEMATIK KELAS IV SD SEMESTER 1 MENGGUNAKAN GRAFIK FRY (Penelitian Analisis Deksriptif Kualitatif)

Gunawan, Milhamdan, 175060040 (2022) ANALISIS TINGKAT KETERBACAAN WACANA PADA BUKU TEMATIK KELAS IV SD SEMESTER 1 MENGGUNAKAN GRAFIK FRY (Penelitian Analisis Deksriptif Kualitatif). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Sunda.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (547kB) | Preview
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitan ini dilatar belakangi oleh keanekaragaman sumber belajar yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran. Khususnya penggunaan buku tematik kurikulum 2013 yang dikeluarkan oleh Kemendikbud untuk sekolah dasar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat keterbacaan wacana pada buku tematik 2013 kelas IV SD semester 1 revisi 2018 guna mengetahui sesuaiatau tidak sesuai dengan tingkatan kelasnya. Buku tematik yang ada di kelas IV SD semester 1 terdiri dari Tema 1 Indahnya Kebersamaan , Tema 2 Selalu Berhemat Energi, Tema 3 Peduli Makhluk Hidup, Tema 4 Berbagai Pekerjaan, dan Tema 5 Pahlawanku. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptip kualitatif. Data yang digunakan berupa teks wacana yang ada pada buku tematik kurikulum 2013 kelas IV SD semester 1 revisi 2018 terbitan kemendikbud. Teknik yang digunakan dalampenelitian ini adalah teknik analisis data, dimana sumber data menjadi acuan untuk pemetaan secara jelas agar hasil perhitungan dapat diukur dan ditentukan tingkat keterbacaannya menggunakan langkah-langkah grafik fry. Hasil dari penelitian inimenunjukkan bahwa dari 15 sampel wacana sebagai data yang dianalisis tingkat keterbacaannya dapat ditarik kesimpulan bahwa tingkat keterbacaan buku tematik kurikulum 2013 kelas IV SD semester 1 revisi 2018 menggunakan grafik fry yang terdiri dari lima tema diperoleh hasil sebagai berikut: Buku Tematik Tema 1 Indahnya Kebersamaan memperoleh hasil tingkat keterbacaan untuk kelas 6, 7, dan 8 sehingga kurang sesuai untuk peserta didik kelas IV SD. Buku Tematik Tema 2 Selalu Berhemat Energi memperoleh hasil tingkat keterbacaan untuk kelas 8,9, dan 10 sehingga kurang sesuai untuk peserta didik kelas IV SD. Buku Tematik Tema 3 Peduli Makhluk Hidup memperoleh tingkat keterbacaan untuk kelas 6, 7, dan 8 sehingga kurang sesuai untuk peserta didik kelas IV SD. Buku Tematik Tema 4 Berbagai Pekerjaan memperoleh hasil tingkat keterbacaan untuk kelas 4,5, dan 6 sehingga sesuai untuk peserta didik kelas IV SD. Tema 5 Pahlawanku memperoleh hasil tingkat keterbacaan untuk kelas 8,9, dan 10 sehingga kurang sesuai untuk peserta didik kelas IV SD. Kata kunci: Keterbacaan, Wacana, Buku Tematik, Grafik Fry.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 14 Jan 2022 08:17
Last Modified: 14 Jan 2022 08:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54956

Actions (login required)

View Item View Item