ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PESERTA DIDIK (Analisis Pendekatan Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur Di Sekolah

Alamsyah, Fikri Hambali, 175060118 (2022) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI APLIKASI WHATSAPP SEBAGAI MEDIA LITERASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBAHASA PESERTA DIDIK (Analisis Pendekatan Kualitatif dengan Teknik Studi Literatur Di Sekolah. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan (2).pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK 3 BAHASA.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan berbahasa peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran menggunakan Whatsapp terhadap kemampuan berbahasa peserta didik di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur atau studi kepustakaan (library research) yang merupakan penelitian deskriptif kualittatif dengan mengumpulkan data yang dihimpun melalui studi kepustakaan berupa buku-buku, jurnal nasional dan internasional dengan mengumpulkan beberapa penelitian terdahulu tentang pembelajaran Whatsapp sebagai media literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, Berdasarkan hasil penelitian dari beberapa jurnal peneliti terdahulu menunjukkan bahwa pembelajaran memanfaatkan Whatsapp untuk meningkatkan kemampuan bahasa peserta didik menghasilkan reaksi positif yang lebih mendominasi. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya jawaban positif dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa penggunaan Whatsapp dapat meningkatkan kemampuan bahasa peserta didik. Namun, dari beberapa jurnal ada yang menunjukan bahwa Whatsapp kurang efektif sebagai media pembelajaran serta rendahnya kemampuan berbahasa peserta didik di sekolah dasar. Maka dari itu guru hendaknya dapat meningkatkan keterampilan mengajar khususnya dalam penggunaan Whatsapp sebagai media literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berbahasa peserta didik agar peserta didik lebih semangat dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Kesimpulannya, dengan memanfaatkan Whatsapp bisa digunakan sabagai alternatif agar pembelajaran dimasa pandemi covid-19 tetap berjalan untuk meningkatkan kemampuan bahasa peserta didik. Dengan kata lain, terdapat keterkaitan antara Whatsapp sebagai media literasi peserta didik dengan peningkatan kemampuan berbahasa melalui fitur Whatsapp. Kata Kunci: Whatsapp, Literasi Digital, Kemampuan Berbahasa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 10 Jan 2022 03:08
Last Modified: 10 Jan 2022 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54929

Actions (login required)

View Item View Item