PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF

Hikmatilah, Yayang, 175040034 (2021) PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE DALAM PEMBELAJARAN BERORIENTASI TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK 3 bahasa.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB 1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB 2.pdf

Download (683kB) | Preview
[img] Text
11. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
12. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
13. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (71kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan analisis merupakan sebuah proses berpikir tingkat tinggi peserta didik saat melaksanakan pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran biologi dengan pembahasan suatu proses-proses yang terjadi didalam tubuh organisme atau makhluk hidup yang sukar untuk dipelajari secara langsung. Maka perlunya teknologi yang dapat memudahkan pendidik dalam menyampaikan pembelajaran yang bersifat abstrak tersebut. Tujuan dari penelitian ini agar dapat mengetahui peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem saraf dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis Articulate yang berorientasi TPACK dalam pembelajarannya. Subjek pada penelitian kali ini yaitu 23 orang peserta didik kelas XI MIPA A SMA Angkasa. Desain penelitian kali ini menggunakan metode Pre-Experimen tipe One Group Pretest -Posttest Design. Adapun Instrumen yang digunakan dalam mengukur kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem saraf yaitu beruapa soal pretest dan soal posttest sebanyak 20 butir soal pilihan ganda dengan alternatif 4 pilihan jawaban, pretest dilakukan sebelum diterapkannya pembelajaran sistem saraf dengan multimedia interaktif berbasis Articulate, sedangkan posttest dilakukan setelah diberikannya pembelajaran sistem saraf dengan multimedia interaktif berbasis Articulate, serta pengisian angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap pembelajaran dengan menggunakan multimedia interaktif Articulate. Hasil penelitian ini dilihat dari peningkatan hasil posttest dari pretest. Nilai rata-rata pretest peserta didik yaitu 56,7 lebih kecil dari pada hasil posttest yaitu 84,6. Adapun hasil respon peserta didik melalui angket, dapat diketahui bahwa dalam pernyataan 1 (satu) terdapat 82,61% menjawab ya, pada pernyataan ke 2 (dua) 86,96% menjawab ya, pada pernyataan 3 (tiga) 86,96% menjawab ya, pada pernyataan 4 (empat) 86,96% menjawab ya dan pada pernyataan ke 5 (lima) 100% menjawab ya. Disimpulkan bahwa peserta didik menyetujui pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Articulate, namun peserta didik belum terbiasa dalam menggunakannya. Oleh karena itu supaya hasilnya lebih optimal, maka pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Articulate yang berorientasi TPACK harus dibiasakan dalam pembelajaran untuk menunjang kemampuan analisis peserta didik. Kata Kunci: Articulate, kemampuan analisis peserta didik, TPACK.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Dec 2021 07:30
Last Modified: 13 Dec 2021 07:30
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54474

Actions (login required)

View Item View Item