STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN GRATIS DI PROVINSI BANTEN

Maksudi Zen Muttaqin, NPM. 179020017 (2021) STRATEGI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBIAYAAN PENDIDIKAN GRATIS DI PROVINSI BANTEN. Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Maksudi Zen Muttaqin_DIS copy.rtf

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi implementasi kebijakan pembiayaan pendidikan gratis, faktor-faktor yang menentukan kebijakan, dan strategi kebijakan. Penelitian didasarkan pada teori Goggin meliputi; pertama, isi pesan terdiri dari kejelasan kebijakan, kredibilitas pesan, dan konsistensi kebijakan. Kedua, bentuk pesan meliputi efisiensi kebijakan, partisipasi masyarakat, frekuensi pengulangan pesan, tipe kebijakan dan penerima kebijakan. Ketiga, persepsi kepemimpinan yaitu sumber daya, legitimasi kepemimpinan pembuat kebijakan dan kredibilitas pimpinan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive network sampling dimana peneliti akan memilih informan yang dapat dipercaya dan mengetahui permasalahan yang menjadi obyek penelitian. Teknik analisis data meliputi:1). Pengumpulan data, 2). Penyempurnaan data, 3). Pengolahan data, 4). Analisis data, 5). Proses analisis data, dan 6) Triangulasi temuan (Konfirmasi data), 7). Simpulan hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi implementasi pembiayaan pendidikan gratis berjalan dengan baik. Pesan kebijakan dikomunikasikan dengan jelas dan kredibel karena ada payung hukum yaitu Pergub No. 31 tahun 2018 dan Pergub No. 52 tahun 2020. Pembiayaan mengalami perubahan setiap tahun. Tipe kebijakan berbeda dari pemerintah daerah lain. Menggunakan aplikasi teknologi informasi agar efisien dan efektif. Kebijakan menghilangkan partisipasi wali murid. Kebijakan ini memiliki legitimasi yang kuat dibuktikan dengan adanya upaya pengerahan sumber daya dan sumber dana karena kredibilitas pimpinan yang dipilih secara langsung oleh masyarakat. Faktor yang menentukan kebijakan antara lain komitmen pimpinan daerah, komunikasi yang efektif, ketersediaan sumberdaya manusia dan finansial, dan situasi politik/dukungan legislatif. Strategi tambahan yaitu perlu ada juknis, mempertimbangkan kebutuhan operasional satuan pendidikan, dan dalam hal pengadaan barang/jasa berpedoman pada Permendikbud No. 14 tahun 2020 dan tidak menggunakan Perpres 16 tahun 2018. Ada kenaikan Angka Partisispasi Kasar (APK), Angka Partisispasi Murni (APM), Rata-rata Lama Sekolah (RLH) dan Indek Pembangunan Manusia (IPM) dalam rentang 2018 sampai dengan 2020 setelah pelaksanaan kebijakan pembiayaan pendidikan gratis. Kata kunci: strategy, implementasi kebijakan, pembiayaan, pendidikan gratis

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Sosial 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 11 Dec 2021 02:04
Last Modified: 11 Dec 2021 02:04
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54463

Actions (login required)

View Item View Item