PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP

AYU YUHADI, NPM : 168060024 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
halaman judul.docx

Download (79kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (15kB)
[img] Text
bab I.docx

Download (24kB)
[img] Text
bab II.docx

Download (75kB)
[img] Text
bab III.docx

Download (80kB)
[img] Text
bab IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
bab V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] Text
daftar pustaka.docx

Download (25kB)

Abstract

Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis adalah suatu pencapaian kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model yang lain untuk meningkatkan kemampuan tersebut kepada siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, serta motivasi belajar siswa yang lebih baik antara memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedeed desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model penemuen terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunkan pembelajaran konvensional; 3) motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, serta motivasi belajar siswa Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 08 Dec 2021 03:19
Last Modified: 08 Dec 2021 03:19
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54443

Actions (login required)

View Item View Item