AYU YUHADI, NPM : 168060024 (2021) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH, KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS, DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
halaman judul.docx Download (79kB) |
|
Text
abstrak.docx Download (15kB) |
|
Text
bab I.docx Download (24kB) |
|
Text
bab II.docx Download (75kB) |
|
Text
bab III.docx Download (80kB) |
|
Text
bab IV.docx Restricted to Repository staff only Download (462kB) |
|
Text
bab V.docx Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
|
Text
daftar pustaka.docx Download (25kB) |
Abstract
Abstrak: Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis adalah suatu pencapaian kurikulum yang harus dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran matematika serta rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu alternatif model yang lain untuk meningkatkan kemampuan tersebut kepada siswa, salah satu model yang dapat meningkatkan kemampuan tersebut adalah model pembelajaran penemuan terbimbing. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi matematis, serta motivasi belajar siswa yang lebih baik antara memperoleh pembelajaran dengan model penemuan terbimbing dengan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed method) tipe embedeed desain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A dan VIII-B SMP Indonesia Raya Bandung. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini berupa soal tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, angket motivasi belajar, lembar observasi, serta pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran model penemuen terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunkan pembelajaran konvensional; 3) motivasi belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model penemuan terbimbing lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 4) tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan pemecahan masalah, komunikasi matematis, serta motivasi belajar siswa Kata Kunci: Model Penemuan Terbimbing, Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Komunikasi Matematik, Motivasi Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2021 |
Depositing User: | Mrs Lusiawati - |
Date Deposited: | 08 Dec 2021 03:19 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 03:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54443 |
Actions (login required)
View Item |