PEMANFAATAN LMS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF

TAUHIDA, TARI, 175040052 (2021) PEMANFAATAN LMS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
File 1 Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 2 Lembar Pengesahan dan Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 3 Abstrak Indonesia, Inggris, Sunda.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 9 (BAB I).pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
File 10 (BAB II).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
File 11 (BAB III).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] Text
File 12 (BAB IV).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
File 13 (BAB V).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
File 14 Daftar Pustaka.pdf

Download (153kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Kemampuan analisis adalah kemampuan peserta didik dalam menguraikan suatu permasalahan dalam materi pembelajaran, dengan kata lain peserta didik mampu mengetahui, memahami, dan mengaplikasikan yang telah guru sampaikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik adalah dengan menerapkan proses pembelajaran berbasis kerangka kerja TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode e-learning yang menggunakan LMS Moodle sebagai komponen kerangka kerja TPACK, pada materi pokok Sistem Saraf. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest - posttest design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan peserta didik berupa soal pretest dan posttest sebanyak 20 butir soal. Subjek yang digunakan sebanyak 23 peserta didik dikelas XI MIPA A SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest sebesar 56,7 dengan nilai terendah yaitu 20 dan nilai tertinggi yaitu 85, dengan skor rata-rata posttest 84,6 nilai terendah yaitu 40 dan nilai tertinggi yaitu 100, serta hasil dari uji N-Gain didapatkan skor 0,66 dengan kriteria peningkatan rendah, sedangkan dari perolehan kuisioner peserta didik didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan metode e-learning yang menggunakan LMS Moodle sebagai komponen kerangka kerja TPACK dikategorikan sangat diminati peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada konsep materi Sistem Saraf dengan memanfaatan LMS Moodle dalam pembelajaran berbasis TPACK. Kata Kunci: Moodle, TPACK, Kemampuan Analisis, Sistem Saraf

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Dec 2021 02:40
Last Modified: 07 Dec 2021 02:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54430

Actions (login required)

View Item View Item