TAUHIDA, TARI, 175040052 (2021) PEMANFAATAN LMS MOODLE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM SARAF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
File 1 Cover.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
File 2 Lembar Pengesahan dan Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
File 3 Abstrak Indonesia, Inggris, Sunda.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
File 9 (BAB I).pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
File 10 (BAB II).pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
File 11 (BAB III).pdf Restricted to Repository staff only Download (298kB) |
||
Text
File 12 (BAB IV).pdf Restricted to Repository staff only Download (361kB) |
||
Text
File 13 (BAB V).pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
|
Text
File 14 Daftar Pustaka.pdf Download (153kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan analisis adalah kemampuan peserta didik dalam menguraikan suatu permasalahan dalam materi pembelajaran, dengan kata lain peserta didik mampu mengetahui, memahami, dan mengaplikasikan yang telah guru sampaikan. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik adalah dengan menerapkan proses pembelajaran berbasis kerangka kerja TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan metode e-learning yang menggunakan LMS Moodle sebagai komponen kerangka kerja TPACK, pada materi pokok Sistem Saraf. Penelitian ini menggunakan metode pre-experimental dengan desain penelitian one-group pretest - posttest design. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan peserta didik berupa soal pretest dan posttest sebanyak 20 butir soal. Subjek yang digunakan sebanyak 23 peserta didik dikelas XI MIPA A SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata pretest sebesar 56,7 dengan nilai terendah yaitu 20 dan nilai tertinggi yaitu 85, dengan skor rata-rata posttest 84,6 nilai terendah yaitu 40 dan nilai tertinggi yaitu 100, serta hasil dari uji N-Gain didapatkan skor 0,66 dengan kriteria peningkatan rendah, sedangkan dari perolehan kuisioner peserta didik didapatkan hasil bahwa pembelajaran menggunakan metode e-learning yang menggunakan LMS Moodle sebagai komponen kerangka kerja TPACK dikategorikan sangat diminati peserta didik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan analisis peserta didik pada konsep materi Sistem Saraf dengan memanfaatan LMS Moodle dalam pembelajaran berbasis TPACK. Kata Kunci: Moodle, TPACK, Kemampuan Analisis, Sistem Saraf
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 07 Dec 2021 02:40 |
Last Modified: | 07 Dec 2021 02:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54430 |
Actions (login required)
View Item |