PERBANDINGAN ARTICULATE DAN POWER POINT INTERAKTIF SEBAGAI TEKNOLOGI PENUNJANG TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI SISTEM SARAF

DEWI, PENTI RISANTI, 175040009 (2021) PERBANDINGAN ARTICULATE DAN POWER POINT INTERAKTIF SEBAGAI TEKNOLOGI PENUNJANG TPACK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS MATERI SISTEM SARAF. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1 Cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 Lembar Pengesahan.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 Abstrak 3 Bahasa.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB 1.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10 BAB 2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
11 BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] Text
12 BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] Text
13 BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img]
Preview
Text
14 Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Semenjak pandemi COVID 19, pembelajaran daring terkendala oleh penggunaan teknologi pembelajaran yang belum bervariasi karena pengetahuan tentang itu masih kurang, menyebabkan pembelajaran terasa monoton, jenuh, dan penguasaan kognitif seperti kemampuan analisis tidak tercapai. Penelitian ini bermaksud membandingkan efektivitas penggunaan multimedia interaktif (MMI) yang dikembangkan dengan Articulate dan Power Point dalam pembelajaran berbasis TPACK untuk meningkatkan kemampuan analisis peserta didik pada materi sistem saraf. Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experiment, jenis nonequivalent control group design. Sampel dipilih dari kelas XI MIPA A dan XI MIPA C di SMA Angkasa Lanud Husein Sastranegara melalui teknik purposive sampling. Peserta didik pada masing-masing kelas berjumlah 23 orang. Data diperoleh dari kuesioner respon dan instrumen tes yang didominasi soal berkategori C4, diuraikan menjadi soal tentang membedakan, mengorganisasikan, serta mengatribusikan masalah. Hasil penelitian menunjukan N-Gain didominasi kategori peningkatan tinggi di kelas pengguna MMI yang dikembangkan dengan Articulate (52% peserta didik) dan Power Point (43% peserta didik). Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan analisis yang signifikan antara peserta didik di kelas pengguna MMI yang dikembangkan dengan Articulate dan Power Point (0,760>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, penggunaan MMI yang dikembangkan dengan Articulate dan Power Point meningkatkan kemampuan analisis pada materi sistem saraf selama daring. Kata Kunci: Articulate, Kemampuan Analisis, Power Point Interaktif, TPACK

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Dec 2021 07:49
Last Modified: 04 Dec 2021 07:49
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54425

Actions (login required)

View Item View Item