ANALISIS KETERBATASAN SINYAL DALAM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kasus di SMAN 1 Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas)

RESTIANA,, 175010007 (2021) ANALISIS KETERBATASAN SINYAL DALAM PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN (Studi Kasus di SMAN 1 Palmatak, Kabupaten Kepulauan Anambas). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
FILE 1 JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 3 ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 6 BAB I.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
FILE 7 BAB II.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
FILE 8 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
FILE 9 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
FILE 10 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
Text
FILE 12 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (238kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh atas dampak dari keterbatasan sinyal dalam proses pembelajaran melalui daring pada mata pelajaran PPKn terhadap prestasi belajar peserta didik SMA Negeri 1 Palmatak. Penelitian ini berfokus pada pengaruh keterbatasan sinyal dalam menciptakan keefektifan belajar mengajar untuk melihat pengaruh dari keterbatasan sinyal dalam proses pembelajaran daring terhadap prestasi belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Tahapan yang digunakan dalam penelitian yaitu melalui Wawancara dan Dokumentasi. Narasumber atau informan dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik SMA Negeri 1 Palmatak. Adapun hasil yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu pengaruh keterbatasan sinyal dalam proses pembelajaran melalui daring ini sangat berdampak pada ke tidak efektifan proses pembelajaran yang mengakibatkan penurunan terhadap prestasi belajar siswa. Guru menggunakan metode pembelajaran melalui daring ini dengan memanfaatkan aplikasi Whatsapp group dan zoom sebagai media penyampaian informasi dan pemberian materi. Guru dan peserta didik mengalami banyak hambatan dalam proses pembelajaran daring ini, kendala-kendala yang muncul pada saat proses pembelajaran baik dari segi keterbatasan sinyal, prekonomian orang tua siswa dalam menyediakan kuota internet dan melawan rasa malas siswa yang merasa jenuh dengan metode pembelajarang daring yang terkesan membosankan. Guru di tuntut untuk selalu menyemangati dan memberikan motivasi kepada siswa agar selalu bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran daring ini sangat berdampak pada penurunan prestasi belajar siswa karena banyak siswa yang tidak mengikuti proses pemebalajaran dengan berbagai alasan. Penemuan hasil penelitian dan saran yang diberikan dalam penelitian ini antara lain kepada guru, peserta didik dan sekolah agar dapat menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya sehingga terciptalah cita-cita yang diinginkan bersama. Kata Kunci: Keterbatasan Sinyal, Pembelajaran Daring, PPKn, Guru, Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 26 Nov 2021 06:35
Last Modified: 26 Nov 2021 06:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54377

Actions (login required)

View Item View Item