ANITA YULANDA KASIH, NPM: 188020108 (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA PENINGKATAN PENDAPATAN DI ERA PANDEMI COVID-19 DI RUMAH SAKIT HERMINA PASTEUR. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.
Text
Anita Yulanda Kasih_MM copy.docx Download (31kB) |
Abstract
Pendahuluan : COVID-19 merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan akut yang ditimbulkan oleh patogen oleh virus SARS-CoV-2, yang bersifat sangat infeksius, memiliki gambaran klinis yang sangat bervariasi, serta berpotensi menimbulkan gejala pernapasan berat hingga kematianCOVID-19 merupakan penyakit infeksius yang timbul pada akhir tahun 2019 dan berlanjut sebagai pandemi hingga saat ini, yang telah menimbulkan ancaman global, baik dari segi kesehatan masyarakat maupun sosial, ekonomi, dan keamanan serta ketertiban. Rumah Sakit Hermina Pasteur adalah salah satu rumah sakit type B di Bandung yang terkena dampak dari kejadian Pandemi Covid- 19 terhadap kunjungan pasien serta berimplikasi terhadap menurunnya pendapatan. Dalam upaya peningkatan kembali pendapatan Rumah Sakit Hermina Pasteur maka dibutuhkan strategi pemasaran yang baik agar tercapainya kinerja dan pendapatan dari Rumah Sakit di Era Pandemi Covid -19. Tujuan dari penelitian ini mengetahui kondisi lingkungan baik internal maupun eksternal dan melakukan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman (SWOT) di Rumah Sakit Hermina Pasteur. Metode Penelitian: Penelitian dilakukan Rumah Sakit Hermina Pasteur dengan melihat data kunjungan dan pendapatan pada awal tahun 2020 sebelum pandemi, saat awal pandemic Covid 19 pada April 2020 sampai dengan Juni 2021. Dilakukan metode wawancara, pengambilan data dan observasi secara mendalam terhadap semua bagian terkait. Dari data yang didapatkan dilakukan pembobotan menggunakan analisis SWOT, IFAS dan EFAS lalu dimasukan kedalam program pemasaran. Penelitian ini menghasilkan alternatif strategis yang dapat dijadikan sebagai strategi pemasaran dalam peningkatan pendapatan di Rumah Sakit Hermina Pasteur di era Pandemi Covid 19. Hasil : Analisis SWOT hasil pembobotan didapatkan nilai total dari faktor internal adalah 2,86 dan nilai total faktor eksternal adalah 2,60 sehingga didapatkan posisi RS Hermina Pasteur berada pada kuadran I dengan alternatif utama yang akan diprioritaskan adalah strategi SO, yaitu menggunakan kekuatan yang dimiliki untuk mengambil peluang yang ada. Kesimpulan : Efektifitasnya strategi pemasaran yang dilakukan sudah baik dapat dinilai dari pendapatan rumah sakit yang meningkat bertahap dua bulan setelah pandemic Covid 19 dab terus meningkat melebihi pendapatan sebelum pandemic enam bulan pasca pandemi. Kata kunci: Strategis Pemasaran, analisis SWOT, Analisi IFAS dan EFAS, Pendapatan Rumah Sakit, Rumah Sakit Hermina Pasteur, Pandemic Covid-19 ANALYSIS OF MARKETING STRATEGIES TO INCREASE REVENUE IN COVID-19 PANDEMIC ERA AT HERMINA PASTEUR HOSPITAL Anita Yulanda Kasih Magister of Hospital Manegement, Universitas Pasundan Bandung
Item Type: | Thesis (Thesis(S2)) |
---|---|
Subjects: | RESEARCH REPORT |
Divisions: | Pascasarjana > S2-Manajemen 2021 |
Depositing User: | asep suryana |
Date Deposited: | 23 Nov 2021 02:03 |
Last Modified: | 23 Nov 2021 02:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54331 |
Actions (login required)
View Item |