ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Deskriptif Di Kelas X Mipa 3 SMA Pasundan Cikalong Kulon Cianjur )

Balqis, Afrieda Azahra, 175010019 (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DALAM MENUMBUHKAN KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN ( Studi Deskriptif Di Kelas X Mipa 3 SMA Pasundan Cikalong Kulon Cianjur ). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Judul Skripsi Afrieda Azahra Balqis-converted.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
pengesahan.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK-converted.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-converted.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II-converted.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III-converted.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text
BAB III-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] Text
BAB V-converted.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA-converted.pdf

Download (198kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran jauh pada mata pelajaran PPKn di SMA Pasundan Cikalong Kulon Cianjur. Penelitian ini fokus kepada keaktifan belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan metode studi deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Populasi yang ada dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas X Mipa 3 sampel dari penelitian ini yaitu 2 orang guru PPKn dan 25 peserta didik kelas X Mipa 3. Melalui wawancara yang dilakukan terhadap responden di atas, diketahui bahwa pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran PPKn membuat peserta didik kurang efektif. Dikarenakan guru masih kurang berinteraksi dengan peserta didik atau penggunaan model-model dalam pembelajarannnya masih kurang. Adapaun kendala lainnya yang membuat peserta didik terhambat untuk mengikuti pembelajaran seperti jaringan internet, minimnya kuota dan keterjangkauan rumah peserta didik yang sulit mendapatkan jaringann. Dengan menggunakan model pembelajaran bebrasis masalah pada pembelajaran jarak jauh sangat efektif dalam menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik. Karena dengan model pembelajaran berbasis masalah peserta didik dapat berpikir kritis dalam menemukan suatu masalah. Temuan dan hasil penelitian ini diberikan kepada guru PPKn dan peserta didik kelas X Mipa 3 agar dimasa pandemi ini guru dapat menentukan model-model pembelajaran yang dapat menumbuhkan keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran PPKn selama pembelajaran jarak jauh. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Keaktifan Belajar Peserta Didik, PPKn, Guru, Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PPKN 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 19 Nov 2021 03:14
Last Modified: 19 Nov 2021 03:14
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54287

Actions (login required)

View Item View Item