PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PER UNIT PELAYANAN HEMODIALISIS (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. R. A. Habibie Bandung)

Noor Rusma Hidayati, NPM. 188020130 (2021) PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SYSTEM DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PER UNIT PELAYANAN HEMODIALISIS (Studi Kasus Pada Rumah Sakit Khusus Ginjal Ny. R. A. Habibie Bandung). Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
Noor Rusma Hidayati_MM.docx

Download (25kB)

Abstract

Pemberlakuan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) berakibat terjadinya perubahan pola pembayaran pada fasilitas kesehatan, dimana penjaminan pembiayaan kesehatan berdasarkan tarif INA-CBG, yaitu tarif berbasis sistem paket yang meliputi seluruh komponen sumber daya rumah sakit yang digunakan dalam pelayanan kesehatan. Rumah Sakit Khusus Ginjal (RSKG) Ny. R. A. Habibie merupakan rumah sakit khusus swasta dengan pelayanan hemodialisis sebagai pelayanan utama dimana pola pembayarannya menggunakan sistem fee for service. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan perhitungan harga pokok per unit pelayanan hemodialisis yang sesuai dengan sistem paket, sehingga dapat diketahui berapa selisih dari tarif INA-CBG. Informasi ini sangat penting bagi manajemen rumah sakit agar dapat menentukan strategi yang tepat untuk menjaga profitabilitas rumah sakit dengan tetap memenuhi standar pelayanan. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data sekunder yang digunakan adalah data tahun 2020. Perhitungan harga pokok per unit pelayanan hemodialisis dilakukan dengan menerapkan activity based costing (ABC) system yang dapat memberikan informasi biaya yang lebih detail dan akurat. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah tarif INA-CBG lebih tinggi dari harga pokok per unit pelayanan hemodialisis, yaitu terdapat selisih positif sebesar 9,27%. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi kepada manajemen RSKG Ny. R. A. Habibie untuk menganalisis aktivitas pelayanan hemodialisis, berfokus pada aktivitas yang mempunyai nilai tambah, optimalisasi sumber daya, sehingga lebih cost effective dan dapat meningkatkan profitabilitas rumah sakit. Kata kunci : harga pokok per unit pelayanan hemodialisis; ABC System; Tarif INA-CBG

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 16 Nov 2021 02:07
Last Modified: 16 Nov 2021 02:07
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54232

Actions (login required)

View Item View Item