PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE UNTUK PELAKU USAHA DI DESA WARNASARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG

Yulia Segarwati, yulia.segarwati@unpas.ac.id and Charisma Asri Fitrananda, Charisma.asri@unpas.ac.id and Mochamad Iqbal, moch.iqbal@unpas.ac.id and Vikry Abdullah Rahiem, vikry.ar@gmail.com. (2021) PENGEMBANGAN PEMASARAN ONLINE UNTUK PELAKU USAHA DI DESA WARNASARI, KECAMATAN PANGALENGAN, KABUPATEN BANDUNG. JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT e. pp. 52-45. ISSN 2657-1110

[img]
Preview
Text
5. Pengembangan Pemasaran.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Pengembangan Pemasaran reviewer.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
peer review Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Pangalengan ,Kabupaten Bandung.pdf

Download (673kB) | Preview
[img] Text
JURNAL Pengembangan Pemasaran Online Untuk Pelaku Usaha di Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung.pdf

Download (199kB)
Official URL: http://dx.doi.org/10.30656/ka.v2i2.2066

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi pemanfaatan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi anggota Karang Taruna Desa Warnasari, Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung dengan harapan dapat memperluas area pemasaran yang akan memberikan imbas terhadap peningkatan omset. Adapun masalah yang dimiliki oleh mitra adalah kurangnya kemampuan serta pengelolaan manajemen usaha mitra masih terbatas, terutama dalam memperkenalkan produk unggulannya ke khalayak sasaran pasar mereka yang lebih luas lagi melalui kegiatan promosi yang tepat sasaran baik secara offline maupun online Kegiatan ini menggunakan metode pendekatan kontektual yaitu memberikan materi teori terlebih dahulu dan dilanjutkan dengan workshop langsung mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh anggota Karang Taruna yang merupakan pelaku usaha. Lalu dilanjutkan dengan metode pengarahan teknik pemasaran online dan pendampingan usaha. Metode ini langsung dipraktikkan oleh instruktur dengan mitra agar mitra dapat langsung memahami aplikasi-aplikasi marketplace dan pendampingan dalam pengembangan pengetahuan dan kemampuan untuk mengakses marketplace secara online, serta memfasilitasi kegiatan promosi melalui media online (e- commerce dan social media). Hasil pelatihan menunjukkan bahwa peserta pengabdian sangat tertarik mengikuti pelatihan- pelatihan semacam ini karena sangat merasa terbantu dalam memanfaatkan media online sebagai sarana pemasaran hasil produksi yang sudah berkembang pesat dewasa ini. Adanya optimalisasi kinerja melalui peningkatan daya kreativitas dan inovasi SDM, yaitu melalui pemahaman konsep startegi pemasaran, terutama melalui kemampuan pemasaran online, sehingga mitra mampu memperkenalkan produk usaha lebih luas lagi dan menciptakan sebuah destination branding melalui media online. Kata kunci: karang taruna, online, pemasaran

Item Type: Article
Subjects: JOURNAL
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2019
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 11 Nov 2021 03:38
Last Modified: 12 Mar 2022 04:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/54190

Actions (login required)

View Item View Item