DETERMINAN PEMBENTUK STRATEGI PEMASARAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA SEPATU DI KAWASAN INDUSTRI KECIL MENENGAH SE-BANDUNG RAYA)

KENI KANIAWATI, NPM:149010001 (2021) DETERMINAN PEMBENTUK STRATEGI PEMASARAN SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP KINERJA (STUDI KASUS PADA PENGUSAHA SEPATU DI KAWASAN INDUSTRI KECIL MENENGAH SE-BANDUNG RAYA). Disertasi(S3) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
KENI KANIAWATI_DIM copy.docx

Download (75kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada fenomena yang bersifat klasik dan mendasar, antara lain permasalahan modal, bentuk badan hukum yang umumnya non formal, sumberdaya manusia, dan pengembangan produk dan akses pemasaran. Permasalahan lanjutan, seperti pengenalan dan penetrasi pasar ekspor yang belum optimal, kurangnya pemahaman terhadap desain produk yang sesuai dengan karakter pasar, permasalahan hukum yang menyangkut hak paten, prosedur kontrak penjualan serta peraturan yang berlaku di negara tujuan ekspor.Permasalahan dari instansi terkait untuk menyelesaikan masalah dasar agar mampu menghadapi persoalan lanjutan secara lebih baik. Permasalahan tersebut terkait dengan manajemen keuangan, agunan dan keterbatasan dalam kewirausahaan. Masalah yang dihadapi IKM di masa pandemi yaitu permintaan pasar menurun, ketersediaan dan akses sumber bahan baku, kapasitas produksi yang menurun hingga berhenti sementara dan kebutuhan modal untuk menggaji pegawai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengkaji Determinan Pembentuk Strategi Pemasaran Serta Implikasinya pada Kinerja Pemasaran Pengusaha Sepatu IKM Se- Bandung Raya secara simultan dan parsial Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Explanatory Survey dengan jenis penelitian deskriftif dan verifikatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha sepatu Industri Kecil menengah di wilayah Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Bandung Barat dan Cimahi sedangkan teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Stratifield Proporsional Random Sampling dengan jumlah responden sebanyak 310, Data dianalisis dalam penelitian ini menggunakan tehnik analisis SEM (Structural Equation Modeling) untuk menjelaskan mengenai hubungan dan pengaruh antar variable manifest maupun analisis konfirmatory. Hasil penelitian berdasarkan pengolahan data program Lisrel untuk model struktural 1 adalah inovasi produk, kemitraan usaha dan orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap strategi pemasaran sebesar 70,91%, sedangkan pada model struktural 2 didapat strategi pemasaran berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada pengusaha IKM Se-Bandung Raya sebear 76,46%.. Kata Kunci : Inovasi Produk, Kemitraan Usaha, Orientasi Pasar, Strategi Marketing, Kinerja Pemasaran

Item Type: Thesis (Disertasi(S3))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S3-Ilmu Manajemen 2021
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 09 Nov 2021 02:58
Last Modified: 09 Nov 2021 02:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53725

Actions (login required)

View Item View Item