PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENTRANSFORMASI CERPEN KE DALAM FILM BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER

SRI ENDANG, NIM :148090008 (2021) PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DALAM MENTRANSFORMASI CERPEN KE DALAM FILM BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER. Thesis(S2) thesis, PERPUSTAKAAN PASCASARJANA.

[img] Text
1. COVER.docx

Download (141kB)
[img] Text
3.ABSTRAK.docx

Download (23kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI.docx

Download (179kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (21kB)

Abstract

Karya sastra merupakan produk kearifan yang mampu memberikan pencerahan bagi siapapun yang mengapresiasinya. Siapapun yang menikmati sastra secara utuh akan mendapatkan pengalaman sastra dalam dirinya. Manusia dilihat dari sisi psikologis memang cenderung untuk menyukai kenyataan serta khayalan. Karya sastra memperkaya kehidupan penikmatnya baik dengan cara membaca, menulis, menyimak, dan mendiskusikannya. Secara langsung maupun tidak langsung sastra memperkaya kehidupan pembacanya melalui pencerahan pengalaman dan masalah-masalah yang hadir di sekitarnya beserta pemecahannya. Masalah yan dikaji dalam penelitian ini meliputi kemampuan peserta didik dalam mentransformasi cerpen ke dalam film dengan menggunakan model project based learnin, untuk mengetahui karakter peserta didik setelah menggunakan model project based learning dan karakter peserta didik yang tidak menggunakan model project based learning, dan adakah korelasi antara kemampuan siswa mentransformasi cerpen ke dalam film dengan pembentukan karakter. Model project based learning memberikan kesempatan kepada siswa untuk menentukan sendiri proyek yang akan dikerjakannya baik dalam hal merumuskan dan memilih topik yang akan dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang profil pembelajaran mentransformasikan cerita pendek ke dalam bentuk film di kelas XI SMAN 1 Cipatat baik secara proses pembelajaran maupun kemampuan mentransformasi cerita pendek ke dalam film. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang profil pembelajaran mentransformasikan cerpen ke dalam film berorientasi pendidikan karakter apakah lebih baik dibandingkan pembelajaran model konvensional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitiann ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 1 Cipatat dan sampel yang digunakan adalah 2 kelas Siswa SMAN 1 Cipatat yang masing-masing terdiri dari 32 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas eksperimen mentransformasi cerita pendek ke dalam film yang menggunakan model pembelajaran project based learning dikategorikan cukup baik. Karakter siswa kelas eksperimen yang menggunakan model project based learning lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, model project based learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mentransformasi cerpen ke dalam film. Kata kunci : Cerita pendek, film, pendidikan karakter, project based learning, transformasi.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2021
Depositing User: Mrs Lusiawati -
Date Deposited: 06 Nov 2021 03:55
Last Modified: 06 Nov 2021 03:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53696

Actions (login required)

View Item View Item