PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HALLA JAYA MOTOR SUBANG

Agung Gumelar Muhidin, Agung (2021) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN HALLA JAYA MOTOR SUBANG. Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Halla Jaya Motor Subang ini merupakan suatu usaha perbaikan dan perawatan kendaraan bermotor yang memberikan pelayanan berkualitas tinggi kepada konsumen. Terletak di Jalan Raya Sembung Pagaden No.139 Desa Sembung Kecamatan Pagaden Kabupaten Subang 41252. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat permasalahan sehubungan dengan kualitas pelayanan yang disebabkan oleh kurangnya fasilitas pendukung yang disediakan oleh pihak pengelola. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Dalam penelitan lapangan ini peneliti melakukan wawancara, observasi, partisipan dan penyebaran angket kepada konsumen. Analisis data digunakan persamaan regresi linear sederhana, uji hipotesis, koefisien korelasi rank spearman dan koefisien determinasi. Hasil dari pengolahan data korelasi pearson diperoleh sebesar 0,680 berarti pelaksanaan kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen jasa perbaikan kendaraan bermotor mempunyai hubungan yang kuat dan koefisien determinasi diperoleh sebesar 46,29 % yang berarti mempunyai pengaruh signifikan diantara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen dan sisanya dipengaruhi oleh faktor – faktor lain. Hambatan yang dihadapi yaitu fasilitas pendukung dan kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan, pengelola kurang mengembangkan fasilitas fisik seperti pelayanan pemasangan sparepart kendaraan motor kurang maksimal sehingga kenyaman berkendara menjadi berkurang serta perusahaan kurang melakukan pengawasan dan memberikan pelatihan terhadap karyawan. Usaha yang dilakukan oleh pengelola adalah harus berupaya untuk meningkatkan dan memperbaiki fasilitas – fasilitas pendukung secara keseluruhan demi terciptanya kenyaman bagi konsumen serta memberikan pelatihan kepada karyawan, hal ini berupaya untuk mempertahankan kredibilitas dan citra Halla Jaya Motor. Saran-saran yang dapat peneliti kemukakan antara lain pengelola sebaiknya meningkatkan fasilitas fisik seperti: Alat-alat pendukung pembongkaran kendaraan bermotor harus segera diperbaharui dan dilengkapi karena sudah mengalami keausan sehingga dapat merusak bagian-bagian mesin kendaraan, melakukan pelatihan-pelatihan lebih terperinci guna meningkatkan kualitas pelayanan dan respon cepat tanggap terhadap keluhan konsumen serta perlu adanya standar opersional yang lebih detail dan jelas.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Administrasi Niaga 2021
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 05 Nov 2021 08:05
Last Modified: 05 Nov 2021 08:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53687

Actions (login required)

View Item View Item