PENGARUH PENGGUNAAN ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Survey Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII TKJ SMK Pasundan 2 Bandung)

Lathifah, Fithriyyah Nur, 175020072 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN ZOOM CLOUD MEETING TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN (Survey Pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan Peserta Didik Kelas XII TKJ SMK Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BHS INDONESIA.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT BHS INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN BHS SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (942kB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (158kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh efektivitas pembelajaran peserta didik yang menurun dalam situasi pandemi covid-19, dimana aktivitas belajar di sekolah digantikan dengan pembelajaran di rumah (school from home) kebijakan itu diambil untuk mencegah penyebaran covid-19. Agar tujuan pembelajaran tetap tercapai, maka kegiatan proses belajar mengajar yang biasanya dilakukan di dalam kelas digantikan dengan pembelajaran dalam jaringan (online). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan zoom cloud meeting terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan peserta didik kelas XII TKJ SMK Pasundan 2 Bandung. Penelitian ini menggunakan pendeatan kuantitatif sedangan metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu survey. Subjek dalam penelitian ini menggunakan sampel yang berjumlah 82 peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan verifikatif data melalui perhitungan rata-rata (mean) skor, regresi linier sederhana dan koefisien determinasi dengan bantuan SPSS 24.0 for Windows. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis deskriptif diperoleh rekapitulasi skor rata-rata tanggapan responden mengenai penggunaan Zoom Cloud Meeting berada pada kategori setuju. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta didik setuju dengan penggunaan Zoom Cloud Meeting sebagai media pembelajaran daring. Sedangkan mengenai efetivitas pembelajaran berada pada kategori setuju. Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar peserta didik setuju bahwa efektivitas pembelajaran meningkat dengan menggunakan media pembelajaran daring Zoom Cloud Meeting. Berdasarkan analisis verifikatif data yang telah dilakukan diperoleh Coefficients regresi linier sederhana (Y’ = 18,861 + 0,676X) yaitu terdapat nilai koefisien regresi yang didapat sebesar 0,676 yang artinya, penggunaan zoom cloud meeting (variabel X) menyebabkan kecendrungan meningkatnya efektivitas pembelajaran (variabel Y) sebesar 0,676. Sedangkan sumbangan pengaruh yang diberikan oleh variabel penggunaan Zoom Cloud Meeting terhadap variabel efetivitas pembelajaran berdasarkan hasil perhitungan koefisien determinasi adalah sebesar 59,0%, sedangkan sisanya sebesar 41,0% dipengaruhi oleh faktor di luar yang tidak diteliti oleh peneliti, serta kesimpulan dapat diterima. Kata kunci: Zoom Cloud Meeting, Efektivitas Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 04 Nov 2021 02:55
Last Modified: 04 Nov 2021 02:55
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53623

Actions (login required)

View Item View Item